My Great Teacher

by - June 17, 2016

Untuk semua bimbingannya
Untuk semua keringat yang menetes
Untuk semua kesabarannya
Untuk semua doa baiknya
Untuk semua teladannya
Untuk semua pengetahuan hebatnya

Adalah sederet pengorbanan seorang guru. Menjadikan ketidaktahuan menjadi tahu, menjadikan kedunguan menjadi kepintaran. Benarlah kiranya bahwa pahlawan tanpa tanda jasa adalah engkau My Great Teacher.

Menjadi guru memang tidak mudah. Kesempatan itu datang saat sudah menjadi sarjana pendidikan. Setahun lamanya menjadi guru matematika di sebuah madrasah ibtidaiyah (MI). saya selalu salut dan membungkukkan badan serendah-rendahnya bagi para bapak/ibu guru yang dengan kesabarannya mendidik siswa-siswinya. Masih teringat saat bulan-bulan pertama mengajar di depan kelas. Keraguan menyelimuti diri, bahwa didepanku berjajar puluhan murid yang siap menerima pelajaran hari itu.

4 tahun di perguruan tinggi dengan jurusan pendidikan tak mampu membuatku menjadi ahli dibidangnya. Bukan masalah materi tetapi lebih ke manajemen kelas. Hampir setiap hari aku dibuat 'terengah-engah' setelah mengajar. Berbagai karakter siswa yang berbeda membuatku hampir menyerah.
"Bu si a berisik, aku jadi tidak fokus ke pelajaran."
"Emang aku ngapain?" Si a tak mau kalah.
"Bu materinya sulit, PRku belum selesai." "Bu aku belum hafal perkalian." Jawabnya jujur.

Allohu akbar. Menghadapi murid yang demikian membuatku berfikir lagi, "Apa yang salah dengan saya? Bagaimana caranya agar anak-anak tidak ramai dan berisik? Bagaimana memahamkan mereka?" Sederetan pertanyaan berkecamuk dalam diri. Dan genap satu tahun mengajar di MI, masih kutemukan hambatan serupa.

Satu kisah yang membuatku termenung panjang, andai tidak ada pak guru mungkin aku tidak ada pada titik ini. Andai tidak ada bu guru mungkin kedunguan itu masuk 'nyaman' bersemayam.

Beribu untaian terima kasih kuhaturkan teruntuk ibu dan bapak guru karena telah membuatku 'mengerti' saat ini. Bahwa pintar bukan tujuan utama, yang penting mengerti dan memahami.

#daiwriting 

#RWC9

You May Also Like

0 comments

Terima kasih Sudah Berkunjung, dan mohon tidak meninggalkan link hidup.