Tips Sehat Ala Mak Rempong

by - August 18, 2016



            Harta yang paling berharga tanpa kita sadari saat ini adalah kesehatan. Pernahkah moms sedikit merenung, bagaimana pentingnya moms dirumah? Ibarat sebuah roda, kalau sedikit saja ban roda itu tergores maka roda tidak dapat berjalan. Itulah moms dimata keluarga. Bayangkan kalau moms sakit, siapa yang menyiapkan perlengkapan si kecil pada saat mau kesekolah? Siapa yang memasak? Beberes rumah? Nyuapi si kecil? Mencuci? Menyapu? Dan kegiatan domestic lainnya. Maka penting sekali untuk moms menjaga kesehatan, guna terus menyeimbangkan roda kehidupan meski kendali sepenuhnya ada pada suami.


            Banyak cara mudah dan murah-meriah untuk tetap menjaga kesehatan di rumah. Meski dengan segunung aktivitas yang moms lakukan setiap harinya. Hal ini pula yang saya terapkan guna menjaga kesehatan diri sendiri, kalau bukan kita siapa lagi yang akan memperhatikan kesehatan kita.
1.      Jaga pola-makan. Biasanya atas dasar ‘balas-dendam’ dengan segudang akitivitas yang kita lakukan dirumah, maka kita sering kali berdalih “Menyenangkan diri sendiri” maka apapun makanan yang kita inginkan, kita mati-matian memperolehnya. Meski tak ada larangan, bahkan beberapa pakar psikolog menyarankan untuk memberi ‘reward’ kepada diri sendiri saat kita berhasil atau melewati hari-hari yang melelahkan. Tetapi tetap saja, semua harus di koridor masing-masing. Misalnya: kita boleh makan gorengan Cuma sekali sepekan. Imbangi aktivitas yang padat dengan pola makan sehat. Tidak hanya berguna bagi moms sendiri tapi juga sekeluarga bisa merasakan manfaatnya.
2.      Menjaga kesehatan organ intim kita. Studi mengemukakan bahwa wanita bisa terkena kanker serviks adalah wanita yang sudah berkeluarga. Jadi penting bagi kita untuk selalu menjaga organ intim kita, pun suami juga lebih sayang pada kita moms. Beberapa cara yang saya lakukan untuk menjaganya adalah: selalu membersihkannya setelah BAK atau BAB tak hanya sekali atau dua kali tapi berkali-kali. Selalu ganti underwear sehari dua kali. Sesekali kita juga boleh tidak memakai underwear, gunanya untuk memberi organ intim kita nafas. Awalnya memang risih, tapi lama-kelamaan akan ketagihan heheheh. Jangan sering-sering membasuh organ intim kita dengan sabun pembersih. Karena tak selamanya bakteri yang berada didalamnya itu menimbulkan penyakit.
3.      Olahraga. Memang setiap hari tenaga kita sudah terkuras habis dengan urusan domestic lainnya. Ada yang bilang itu sama saja dengan olahraga. Wait! Tak semua aktivitas kita yang menguras tenaga itu bisa diartikan dengan olahraga moms. Artinya olahraga itu ada tahapan-tahapan yang bisa membuat tubuh kita segar lagi. Percaya dech, setelah beberapa senam kecil yang kita mulai di pagi hari, akan berdampak pada hari itu.
4.      Bersyukur. awali dan akhiri aktivitas kita seharian dengan ucap syukur. Karena hanya dengan bersyukur, maka kenikmatan itu senantiasa bertambah. Pun para psikolog berpendapat bahwa awal mula penyakit juga bisa datang dari pikiran. Setidaknya dengan bersyukur kita bisa mengurangi beban kehidupan yang tiada habisnya. Perencanaan yang tiada sesuai dengan realita, ‘keceriaan’ si kecil yang membuat kita esmoni setiap saat, cucian menumpuk dll adalah stress yang bisa juga menggangu kesehatan kita. Dengan bersyukur akan selalu ada harapan baru. “Alhamdulilah adek ceria hari ini, karena tak semua balita bisa seceria dia. “ “Alhamdulilah cucian menumpuk, rizki buat tukang laundry besok.” Dan sederetan rasa syukur yang kita munculkan.


Itulah sederatan tips untuk moms yang bisa dilakukan dirumah. Yuk wujudkan ‘baiti jannati (rumahku surgaku)’ dengan selalu menjaga kesehatan kita dan keluarga kita. Insyalloh nantinya kita bisa melihat Indonesia lebih maju lagi, dimulai dari rumah kita. 

NB: Gambar diatas, diambil dari salah satu hotel terbaik di Malang. Sebagai dokumentasi dalam suatu pekerjaan. Kenapa hanya berupa kolam renang? Karena diantara keseluruhan tips sehat dia atas adalah. mengajarkan kepada kita untuk aktif berolahraga. ACTION.ACTION. :) 

You May Also Like

0 comments

Terima kasih Sudah Berkunjung, dan mohon tidak meninggalkan link hidup.