NICE HOMEWORK #4

by - June 08, 2017




MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FITRAH 

1.      Mari kita lihat kembali Nice Homework #1, apakah sampai saat ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universittas kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?



Jawab:
Semakin mantab hati ini untuk bersungguh-sungguh dalam memilih jurusan PRENTING. Bahkan saya ingin menambah ilmu yang akan menunjang parenting ini, yaitu ilmu komunikasi. Bahwa setelah membaca sharing ibu-ibu IIP di grup, ilmu komunikasi adalah ilmu no 2 setelah parenting. Bagaimana berkomunikasi terhadap pasangan, anak, orang tua, mertua dan tetangga sekitar. Ini penting agar maksud dan tujuan yang kita inginkan  selaras. Seperti pepatah mengatakan “it takes a village to raise a child” adalah semboyan bahwa untuk mencetak anak yang baik akhlak dan budi pekertinya, dibutuhkan orang sekampung untuk mendidiknya.
  
2.      Mari kita lihat nice homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisis checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.
Jawab:
Slow but sure. Menargetkan diri agar sempurna itu butuh waktu. Misal seperti shalat dhuha. Diawal-aal mungkin hanya 2 rokaat, tapi saya menantang diri saya sendiri untuk lebih baik dari hari kemarin. Oleh karenanya butuh tahapan dalam menjalanakan cheklist tersebut. Tidak serta-merta.

3.      Baca dan renungkan kembali nice homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Alloh menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda semakin terlihat.

Jawab:
Misi hidup       : Menjadi sebaik-sebaik manusia yang bermanfaat untuk sekitar. Dan menginspirasi ibu-ibu muda agar tidak lelah dalam PENGASUHAN.
Bidang             : pendidikan ibu dan anak
Peran              : inspirator melalui tulisan

Menulis bagi saya tak sekadar hobi. Lebih jauh lagi sebagai terapi dari kepenatan dalam menjalankan tugas pengasuhan ini. Menulis juga sebagai wujud sumbangsih untuk ibu-ibu muda yang melek teknologi agar memaksimalkan gadgetnya dalam upaya mencari informasi sebanyak-banyaknya. Dan saya ingin mengambil peran itu melalui sebuah blog yang saya update setiap bulannya, Insyalloh.

4.      Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.
Jawab:
Bahwa untuk upgarde diri ke yang lebih baik, saya juga memerlukan ilmu-ilmu seperti ibu septi yaitu:
Bunda sayang                         : ilmu seputar pengasuhan anak  
Bunda cekatan            : ilmu-ilmu tentang seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
Bunda produktif          : ilmu tentang minat dan bakat. Kemandirian finansial
Bunda sholehah          :ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang

5.      Tetapkan milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi hidup.
Jawab:
Milestone yang akan saya tetapkan adalah:
KM 0 - 1  : mempelajari ilmu tentang bunda sayang  
KM 1 – 2 : mempelajari ilmu tentang bunda cekatan
KM 2 – 3 : mempelajari ilmu tentang bunda produktif
KM 3 – 4 :  mempelajari ilmu tentang bunda sholehah

6.      Koreksi kembali checklist anda di NHW #2, apkaha sudah anda masukan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah, lalu cantumkan.
Jawab:
Saya sudah menyesuaikan checklist pada NHW #2 agar selaras dengan milestone yang telah saya tetapkan. Dan semoga saya bisa konsisten melakukan checklist2 tersebut dalam keseharian.

You May Also Like

0 comments

Terima kasih Sudah Berkunjung, dan mohon tidak meninggalkan link hidup.