10 Tips Mendongeng untuk si kecil part II

by - August 08, 2017



Langsung kita nyambung pada postingan selanjutnya yaa, tanpa ada opening atau menghenningkan cipta dulu yaakk *emang upacara bendera* wkwkwk. Yang penting baca doa dulu aja, biar ilmu yang kita pelajari bermanfaat.

6.      Jika anda selesai mendongeng satu halaman, tunjuk gambar ilustrasinya, lalu tanyakan ulang pada si kecil apa yang ia lihat. Pancing si kecil untuk menceritakan ulang apa yang ia lihat. Poin ini khusus usia 3 tahun keatas ya emak. Kalau dibawah itu mungkincukup ditunjuk apa ini, warnanya apa dll.
7.      Beri apresiasi saat anak mau mencoba sesuatu yang baru, seperti bercerita ulang menurut versi mereka. Apresisi itu penting gunanya untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak semakin meningkat. So jangan pelit untuk kasih pujian yaa :*
8.      Jika mendongeng tanpa buku, akan lebih baik jika menggunakan boneka tangan atau boneka si kecil. Yakin dech ia akan minta di dongenegkan keesokan harinya.
9.      Pernah salah memilih buku untuk sikecil seperti kalimatnya terlalu rumit, atau kepanjangan? Lagi-lagi jangan mati gaya ya emak, kita bisa kok menceritakan kembali dengan bahasa yang mudah dimengerti si kecil. Dan akhirnya si kecil tetap ceria.
10.  Ajak si kecil memilih buku sendiri, maka ia akan lebih tertarik untuk membuka-bukanya meski belum bisa membaca. Inilah langkah awal untuk mengenalkan buku sejak dini.

Banyak hal yang bisa gali dalam kegiatan mendongeng. Belajar itu harus fun, dan mendongeng adalah salah satunya. Teringat salah satu cerita pengalaman seorang ibu muda yang tergabung dalam komunitas #IbuMendongeng bahwa saat anak rewel, tantrum maka satu hal yang bisa mengalihkan perhatian sang anak adalah dengan mengisahkan cerita atau Mendongeng. kalau sudah selesai mendongeng, lalu kita cari apa permasalahan yang ia hadapi. Insyalloh itu cara terbaik untuk membantunya keluar dari pemasalahannya.
Jangan lelah untuk mendongeng yaa buibu capinsol. Jadikan ia rutinitas yg menyenangkan. Salam literasi 😘😘

#Day12
#ODOP
BloggerMuslimah

You May Also Like

0 comments

Terima kasih Sudah Berkunjung, dan mohon tidak meninggalkan link hidup.