Anak Belum Jalan Diusianya yang Menginjak 1 tahun? Jangan BAPER, Lakukan 4 Hal Ini.

by - August 21, 2017




            Salah satu parameter, orang tua dikatakan sukses itu adalah bisa mengantarkan anak agar lebih mandiri dari tahapan usianya. Dari mulai tengkurap, duduk, merangkak hingga jalan. Dan saat usia si kecil udah menginjak setahun, tanda-tanda untuk berdiri saja tidak terlihat? Bagaimana perasaan Mama melihat buah hati tercinta belum mampu berjalan ditambah pertanyaan kanan-kiri dari tetangga yang mengarah kejudge daripada memberi saran? Baper kah? Stress? Nangis dipojokkan? 

            Jangan ya Ma! Yang perlu kita tahu adalah pengetahuan itu sendiri. Up grade diri dengan membaca sebanyak apapun artikel tumbuh kembang anak, membaca buku-buku parenting, dan lebih banyak sharing dengan orang tua maupun mertua demi tumbuh-kembang anak yang lebih baik. 

            Berdasarkan studi terini menjelaskan bahwa ada rentang waktu anak untuk berjalan. Yaitu antara usia 12 bulan hingga 24 bulan. Jadi tidak serta-merta anak harus bin wajib bisa berjalan di usianya yang menginjak 12 bulan. Dan mama bisa melakukan beberapa hal berikut ini guna merangsang si kecil untuk berlatih berjalan. 

1.      Pakaikan Baby Walker. Ada beberapa pakar tidak menyarankan untuk pemakaian baby walker. Karena ada beberapa dampak negatif dari penggunaan baby walker ini. Salah satunya adalah keamanan baby walker ini diragukan. Artinya, banyak kejadian yang mengakibatkan keselamatan si kecil sendiri. Seperti terjungkal, terpeleset dan lain hal. Ternyata ada baby walker yang di desain khusus agar meminimalisir kejadian diatas.yaitu baby walker yang bentuk penyangga bawahnya berbentuk segiempat. 

2.      Semangati baby sat ia merambat di dinding. Beri permainan kesukaan beberapa meter dari tempat ia berdiri. Hal ini untuk memancing minatnya agar mengambil si permainan itu. 

3.      Embun-embun kan saat pagi hari. entah ini mitos atau fakta. Tapi based on my experience sich ya, setelah 2 hari saya embun-embunkan di lapangan sepak bola. Labib makin berani tuk melangkah. Dan saat balik ke rumah utinya, mereka surprise karena si cucu udh bisa jalan. #yaeayyy. OMG gini ya rasanya melihat anak mandiri. Amazing. 

4.      Berdoa. Setiap anak punya milenstone masing-masing. Sesuai dengan tahapan usianya. Oleh karenanya jangan putus semangat untuk menstimulasi kemampuan si kecil ya emak. Tentunya sesuai dengan usianya. Dan lengkapi dengan doa. Sekeras apapun usaha kita dalam membersamai si kecil, hanya Alloh yang mampu menggenapkan atas ikhtiar kita. 

Happy Trying Moms! 

NB: ini foto labib saat usianya 4/5 bulan. baru dibelikan uti. Sengaja saya memberinya *utinya prambon* baby walker sejak dini, karena saat itu labib masih rewel. maunya di gendong terus. Alhamdulilah sejak adanya baby walker ini mengurangi jatah gendongnya. Dan inilah penampakan baby walker yang tidak recomended itu. baby walker seperti ini rentang jatuh. makanya jaganya harus ekstra. Sehat dan sholeh selalu ya, Nak. *KISS* 
 

#ODOP28
#BloggerMuslimahIndonesia

You May Also Like

0 comments