Mendongeng untuk si kecil dengan Menarik, lakukan 10 Tips ini

by - August 08, 2017




            Akhir tahun kemarin saya memutuskan untuk bergabung menjadi Book Advisor. BA adalah sales marketing dari sebuah penerbitan besar Mandira Dian Semesta. Anak cabang dari penerbit MIZAN. Kenapa menjadi BA? Salah satunya adalah agar saya bisa menerapkan langsung sisi positif dari mengenalkan buku sejak dini. Saya merasakan manfaat suka membaca itu sejak SMA. Dulu lingkungan saya tidak memberikan lingkungan yang kondusif untuk membaca. Banyak faktor, salah satunya adalah mind set yang mengatakan bahwa buku itu mahal. Mending beli permainan yang bisa awet, pun harganya variatif. Oleh karenanya saya tidak ingin mengulang kesalahan serupa. Saya ingin melihat anak saya tumbuh dengan berbagai stimulus tanpa memaksakan apapun. Dan buku adalah obyek pertama yang saya kenalkan padanya. 

Baca juga : Ayo mendongeng

            Lagi-lagi mendongeng bukan perkara mudah. Saya pun pernah mengalaminya bahkan sampai saat ini *tutupmuka*. Saat saya sodorin si kecil buku, eh tuh buku di ambil. Di sobek. Di ileri. Di injak. Sempet sich down dan punya pikiran bahwa anak saya tidak suka buku. Lambat-laun saya akhirnya searching cara bagaimana mendongeng untuk si kecil. Ternyata anak yang membanting, membuang, merobek bukunya itu bukan karena tidak suka, tapi kitalah orang tuannya yang kurang menarik dalam membacakan buku itu. 

10  Tips mendongeng untuk si kecil saya rangkumkan dari berbagai sumber. Salah satunya adalah dari buku “200 Tips, Ibu smart Anak sehat” karya penulis Nadia Indivara. 

1.      Pilihlah waktu yang tepat. Saya biasanya membacakannya buku pada saat selesai sarapan dan sebelum tidur. Berdasarkan penelitian, waktu yang tepat adalah sebelum tidur. Saat pikiran anak rileks, maka otak kecilnya akan membuka. Dan memori apa saja yang masuk ke dalam otak kecilnya, itu akan tertanam lama di otaknya. Benarlah kiranya tentang 1821 dari pakar parenting Abah Ihsan. Manfaatkan waktu dari mulai pukul 18.00-21.00. Ikut dan dampingi anak bermain. no gadget. Jangan di sambi. Fokus ke anak, dan tutup dengan bed time stories.

2.      Pilih dongeng yang mudah dipahami. Untuk anak usia 1-2 tahun, dongeng yang pas untuk usianya adalah tentang kemandirian dan kepemilikan. Cerita yang mengajarkan untuk ke toilet saat BAB dan BAK. Cerita yang mengajarkan bagaimana pentingnya menyikat gigi di pagi dan malam hari. Cerita bagaimana senangnya jika rumah bersih tanpa ada permaian yang berserakan di lantai. Dan aktivitas lainnya yang bisa dilakukan sehari-hari. pun juga sama pentingnya untuk mengajarkan kepemilikan. Kan anak suka ya rebutan mainan dengan temannya? Nah disitu kita bisa ceritakan bagaimana serunya berteman dan menghargai barang milik teman. 

3.      Pilih cerita dengan obyek yang dekat dengan kehidupan si kecil misalnya tentang hewan peliharaan, keluarga, dll. Poin ini sama dengan poin kedua. Intinya anak itu butuh ilustrasi yang kongkrit. Ini loh ayah, ini loh nenek-kakek dst. 

4.      Variasikan nada suara dengan karakter yang ada dalam buku dongeng. Hidupkan karakter yang ada di dalam cerita. Saat melihat anak lanang tertawa cekikan waktu melihat emaknya dengan suara yang dibuat-buat dan mimik yang dijelek-jelekin, itu rasanya melting banget loh, mak. Ciyusss dah. Try this at home yakkk.

5.      Jika mendongeng dengan buku, perlihatkan barisan kalimat dalam cerita. Lalu perlihatkan gambar dan ilustrasinya. Teorinya sich gitu, karena biasanya anak lanang selalu nunjuk gambarnya. Jadi spontan aja gitu ceritainnya. Dan kadang beda dengan cerita aslinya wkwkwkw. So jangan mati gaya ya emak saat bacakan buku untuk si kecil. Apalagi sampai ketiduran #eh *kaca mana kaca* wkwkwkkw

Wah nggak terasa udah panjang bener yakkk, padahal masih kurang 5 Tips lagi. To be continue untuk postingan selanjutnya yaa emak. Tenang aja, masih ada 22 hari postingan saya ini. sampai tanggal 30 Agustus nanti. So wish me luck yaa untuk menuntaskan challange ini. 

#Day11
#ODOP
#BloggerMuslimah
        

You May Also Like

2 comments

  1. Terimakasih tipsnya kak, kebetulan aisyah suka mendongeng ke murid2 di kelas.. ^^

    ReplyDelete

Terima kasih Sudah Berkunjung, dan mohon tidak meninggalkan link hidup.