Tips Mengatasi anak rewel di malam hari

by - August 18, 2017




 
            Masih teringat bagaimana lelahnya menggendong anak rewel yang nggak mau tidur di kasur. Bagaimana lelahnya saya dan suami bergantian begadang tiap malam. Sejak ia dilahirkan sampai umur 5 bulan. Labib terbiasa tidur di gendongan. Berbagai tips dan trik yang kami cari di internet sampai bertanya pada ‘orang pintar’ apakah anak kami diganggu jin dan sebangsanya? *lucu banget kalau ingat waktu itu* karena sangking downnya kita berdua sampai tidak bisa berfikir rasional. 


            Maklumlah ya saya sebagai ibu muda yang minim pengetahuan, bingung juga harus ngapain. Padahal stock ASI masih luber-luber. Dan popoknya juga masih kering. Saat setelah ditimang-timang dalam gendongan, dengan sangat hati-hati ditaruh di boks nya seketika itu “Huwaaa...waa..waaa” keluarlah tangisan yang membuat orang sekampung hafal. Trial and eror kami lakukan sampai ia berusia 5 bulan. Waktu yang tidak sedikit, tapi membuat pengalaman yang tak ternilai. Dari trial and error itulah dapat saya simpulkan dalam tips mengatasi anak rewel pada malam hari berikut ini: 

1.      Pijat saat mandi sore. Anak yang baru lahir pasti juga merasakan capeknya tidur terus. Tubuhnya butuh pijatan hangat untuk merenggangkan otot-ototnya. Saya sampai berguru langsung melalui youtube untuk memberi pijatan ke Labib. Ternyata dengan pijatan pula bisa merangsang bertumbuhnya panca indera seperti penglihatan, penciuman, rangsangan dll. Jangan lelah untuk memijat si bayi ya, moms. Setidaknya 2x seminggu. Ini efektif untuk menidurakannya di malam hari.  
2.      Sebelum tidur, ganti pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Tak hanya tubuh yang bugar, pun pakainnya kalau bisa kita ganti berupa kaos yang menyerap keringat, moms. Agar ia nyaman dalam tidurnya. 

3.      Ciptakan suasana yang nyaman dan sejuk di kamar. Nyaman disini artinya si kecil tidak kegerahan atau kedinginan. Jauhkan dari nyamuk. Atau bisa diganti dengan memberi AC di kamar si kecil. AC punya banyak manfaat selain sebagai penyejuk ruangan, ada juga loh AC yang dilengkapi filter anti jamur dan penghilang bau. Tahu sendiri kan moms bahwa balita kita rentang dengan bakteri. Tak bisa dekat-dekat dengan hal-hal yang bisa membuatnya terinfeksi bakteri. Kalau bisa dicegah, kenapa harus diobati. Setujukan, moms? Salah satu AC yang treck recordnya bagus adalah AC Multi-S Daikin, selain memiliki fitur unggulan seperti sudah dilengkapi dengan filter anti jamur dan penghilang bau, keunggulan lainnya adalah hemat tempat. Ini sesuai dengan rumah minimalis yang saya tempati. *MakIrit Mode ON* 


4.      Matikan lampu atau beri penenrangan yang redup. Baby kita belum tahu ritme  malam dan siang hari. dengan memberi pencahayaan yang redup, ini juga mengajarkan bahwa malam hari adalah waktunya kita istirahat. Tidur di boks yang nyaman sampai pagi hari. 

5.      Nyalakan murottal atau music jazz. Musik yang tenang kerap membawa kita dalam pikiran yang tenang dan rileks. Hal serupa bisa dialami oleh si kecil. Selain berdampak untuk religinya (sering mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an) juga bisa merileksnya otaknya. 

Semoga bisa dipraktekkan oleh moms dirumah ya? Jangan lelah untuk up grade diri. Menambah ilmu dalam nursing si kecil itu penting banget loh, moms. Karena akan berdampak juga bagi perkembangan si kecil itu sendiri. Kenyaman sebuah rumah juga berdampak bagi kualitas tidur si kecil. Jadi jangan ragu tuk memberikan kenyamanan bagi si kecil ya, moms. Dan akhirnya si kecil bisa tidur di boksnya dengan nyaman tanpa drama.  #yeayyy

Saya punya kabar baik untuk emak saat ini, sedang berlangsung kompetisi #BeyondComforting yang diselenggarakan oleh Daikin. Emak bisa berpartisipasi dalam kompetisi tersebut dengan cara share foto dan cerita anda dengan tema “Bagaimana AC Membuat Rumah Anda Menjadi Sejuk dan Nyaman” di Instagram. Jangan lupa untuk mentag Instagram @Daikinindonesia dan menyertakan hashtag #BeyondComforting, serta tag dan mention 5 orang teman anda untuk ikut berpartisipasi.

Kompetisi #BeyondComforting berlangsung mulai tanggal 1 sampai 21 Agustus 2017. Emak bisa mengirim foto dan cerita sebanyak mungkin. Jangan sampai ketinggalan ya, siapa tahu emak menjadi salah satu pemenang yang beruntung mendapatkan hadiah berikut ini.

·         Juara 1 mendapatkan e-voucher senilai Rp4,000,000
·         Juara 2 mendapatkan e-voucher senilai Rp2,500,000
·         Juara 3 mendapatkan e-voucher senilai Rp1,000,000
·         10 pemenang favorit akan mendapatkan e-voucher senilai Rp250,000
Hadiahnya menarik, bukan? Informasi tentang kompetisi #BeyondComforting selengkapnya bisa anda lihat di media sosial Daikin di link berikut ini http://bit.ly/beyondcomfortingcompetition. Selamat mengikuti!

Facebook: @daikinindonesia
Instagram: @daikinindonesia


#BeyondComforting
#ODOP19
#BloggerMuslimahIndonesia    

You May Also Like

1 comments

  1. ah bener banget mba, ruangan harus sejuk. babyku kalau mati lampu pasti rewel minta ampun karena kepanasan. Makasih tips-tipsnya yaaa saya juga ibu baru :)

    ReplyDelete

Terima kasih Sudah Berkunjung, dan mohon tidak meninggalkan link hidup.