Tips Menuntaskan ODOP

by - August 20, 2017




Akhirnya tantangan ODOP di blog www.atiqoworld.id ini tuntas. Adapun tips dan trick apa saja yang bisa saya bagi adalah: 

1.      List tema yang akan kita tulis sebelumnya. Saya dapatkan tips ini saat mengikuti RWC (Ramadhan writting Challnge) tahun lalu.  oleh seorang penulis muda, berbakat. Rezky firmansyah. Dan alhamdulilah aku pun bisa menuntaskannya, meski menulis by phone. Karena tidak ada target harus sekian words. Ini juga yang saya lakukan setelah mendaftarakan diri mengikuti ODOP di Blogger Muslimah Indonesia.  


2.      Bikin lebih dari satu tulisan, kalau mood sedang bagus. Tak setiap hari mood kita bagus untuk menulis. Dalam 30 hari kemarin, saya benar-benar merasakan up and down. Ada kalanya saya bersemangat untuk menulis, ada kalanya tak ada energi atau tema yang bisa dituangkan dalam tulisan. Meski udah pantengin laptop berlama-lama. Akhirnya pencet tombol shut down *lap keringat*

3.      Lempar pertanyaan ke sosmed. Pernah pada saat buntu tema, iseng menulis status di facebook “Kasih ide menarik untuk postingan di blog dunk, emak!” tak lama kemaudian ada seorang teman facebook yang menanggapinya. “Mba kasih postingan tenatang time management untuk stay at home moms yang bisa me time, selonjoran dan tugas negara terselesaikan dengan rapi.” Tulisnya di kolomkomentar. YES, pekik saya girang. Feed back postifi berupa request, saran dll dari pembaca itu ngaruh banget loh. Akhirnya detik itu juga eksekusi, lalu posting di blog. Tak lupa tag sang pembaca juga. Kalau ada yang pengen baca juga, bisa dilihat disiniyaa.
  
4.      Komitmen dan konsisten. Saya berkomitmen dulu kepada diri saya sendiri untuk menuntaskan challnge ini. berusaha dengan sekuat tenaga untuk menuntaskannya. Dan konsisten up grade diri dengan memperbanyak Blog Walking, agar ide terus mengalir.
  
5.      Time management ini termasuk fleksible bagi saya. Saya menulis saat anak lanang tidur. Entah siang, malam atau pagi hari. Time managemant itu erat hubungannya dengan komitmen. Kalau sudah komit, pasti ada waktu untuk menuntasknnya. Walau hanya 45 menit, tulisan minimal 300 words loh udah jadi. Meski isinya berupa curhatan semua #eaaa wkwkwkkw.  
6.      Cari waktu yang pas untuk menulis. Dulu saya meluangkan waktu khusus untuk menulis pas malam hari. tapi makin kesini ternyata kurang efektif. Ada aja gangguannya. Meski tidak setiap hari. seperti pillow talk bersama suami. Atau ada film keren di TV, kan sayang dilewatin. Atau anak rewel dan tidak tidur sampai larut malam, alhasil saat anak tidur emak ikutan nyusul ke alam mimpi bhwahahahah. Akhirnya waktu nulis saya fleksible. Kalau malam capek, ya besok pagi setelah subuh. Kalau subuh masih ingin membereskan urusan domestik, ya pindah siang. Pokoknya harus nulis sehari itu.
  
7.      Rewrite dari file-file di document. Saya punya stock file yang belum pernah publish di document. Jadi kalau udah mentok, nggak ada tema untuk besok. Saya rewrite tuh yang ada di document. Yang sebagian besar adalah berupa fiksi (cerpen), dan udah tayang disini.
8.      Blog walking. Tema-tema menarik juga kadang saya pakai setelah terinspirasi oleh seorang blogger. Misal, habis baca tentang review clodi. Lha setelah itu muncullah tulisan saya tentang clodi vs pospak. Karena berdasarkan pengalaman pribadi,maka mengalirlah ide tulisan.
9.      Berdoa. Sebesar apa pun effort dan kerja kerasmu, tanpa doa semua itu tiada berarti. Karena menulis adalah cara saya menasehati diri sendiri, maka semoga tulisan ini juga membawa berkah bagi siapa pun yang membacanya. Mengiringinya dalam sebuah doa insyalloh akan membawa berkah. 
Dengan berakhirnya ODOP ini pada tanggal 31 Agustus 2017, saya semakin mantab untuk konsisten menulis. Terbukti dengan mengikuti challange ini, saya mampu dan saya BISA. Semoga setelah berakhirnya ODOP ini, saya bisa menantang diri sendiri untuk menyajikan postingan yang bermanfaat. Dan meminimalisir curhatan. Teringat petuah seorang blogger “Postinglah yang membawa manfaat, bukan yang penting posting”. Tuh kan jadi kesindir wkwkkwwk. 
Terima kasih untuk semua pembaca setia blog saya ini. Yang masih banyak kesalahan dan curhatan yang tiada habisnya. Terima kasih untuk blogger muslimah indonesia karena telah mengadakan challange ini. jadi me time saya lebih bermanfaat. Mungkin setelah ini, saya akan hibernasi. Menyepi dari hiruk-pikuk dunia online. Bukan untuk pergi, tapi pergi untuk kembali #uhuk. Karena saya merasa gelas saya sudah mulai kosong. Butuh ilmu lagi untuk mengisinya. Butuh bacaan lagi untuk nanti dituangkan lagi dalam sebuah postingan. Tentunya dalam postingan yang lebih bermanfaat. 
Saran dan kritik saya buka lebar-lebar. Maafkan atas kicauan yang bikin panas telinga. Maupun hati yang bergemuruh. Tiada maksud apapun. Hanya sebagai kontrol diri dan tantangan yang butuh postingan wkwkwk *jadi kambing hitam*. Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf sebesar-besarnya.

Sampai jumpa .....

See u next postinga yaa ....

*dadah, dadah ala miss universe*
        
           *lalu semua pingsan* 

#ODOP31
#BloggerMuslimahIndonesia 

You May Also Like

0 comments

Terima kasih Sudah Berkunjung, dan mohon tidak meninggalkan link hidup.