Obat Herbal Andalan Keluarga

by - September 27, 2017




            Obat herbal Andalan keluarga. Ibu mertua saya adalah penyuka buah, khususnya semangka. Jadilah camilan buah dirumah tidak jauh-jauh dengan semangka. Hingga malam itu saya merasakan sakit kepala. “darah rendahku kumat ini,” mbatin sek. Akhirnya teringatlah pesan ibu nan jauh dimato *ya elah, Cuma sejam nyampek aja jauh di mato* wkwkwk. Masih ingat saya beliau seperti dokter kesehatan berjalan. Apapun keluhan yang saya alami waktu itu, pasti beliau tahu obatnya. “Darah rendah iku gampang, ngunyah bawang putih. langsung hilang”. 


            Langsung aja ke belakang, ambil bawang putih. lalu dikunyah. Jangan ditanya rasanya ya emak *sengak* (apa ya bahasa indonesianya?) but you knowlah what I mean, right? *maksa* wkwkwk. Karena nggak tahan dengan rasanya yang aduhai itu, kuseduhlah mie gelas lalu dicampur dengan bawang putih tadi. Alhamdulilah rada berkurang.  

            “Bawang putih itu menetralkan darah. Yang tinggi (hipertensi) akan normal, dan yang rendah juga akan normal,” lanjut beliau. Ibu adalah sosok wanita zaman dahulu. Yang masih memanfaatkan alam sebagai obat. Oleh karenanya dirumah itu jarang sekali ada obat-obat generik seperti p*nadol, *skadon, dll. Kalau masih ada yang herbal, ngapain yang kimia. Itulah senjata ampuhnya untuk tak mau dekat-dekat dengan bahan kimia. Coba tengok mbah yang tahu segalanya dengan mengetikkan key words bawang putih. dijamin banyak banget.  

            Obat-obat herbal lainnya seperti sakit perut saat hari pertama haid, maka beliau dengan telaten membuatkan saya air matang, dikasih gula batu dan ditambah daun cino (entahlah, dauh apa ini). kalau diare, diparutkan buah salak yang masih muda. Kalau sakit mata, direbuskan air daun sirih. Hingga pernah saya sakit tipes. Awalnya belum tahu sakit apa itu, cuma dibuat berdiri itu pusing berat. Demam dan keringat dingin. Lalu segera ke puskesmas diantear ibu. Setelah periksa, disuruh cek darah. Setelah cek darah, barulah diketahui bahwa saya positif  typhus dan seketika disuruh rawat inap di puskesmas. Membayangkannya saja saya tak sanggup. Akhirnya saya ngotot ke ibu tuk dirawat dirumah saja. Nggak bisa ngebayangin tiduran di rumah sakit yang besar, lengkap dengan bau-bauan yang menyengat. 

            “Silahkan tanda tangani ini bu kalau anaknya tidak mau dirawat disini. Ini menyatakan bahwa pihak puskesmas tidak mau bertanggung jawab apabila pasien terjadi kenapa-napa.” Kurang lebih itulah yang disampaikan sang dokter. Dan sebelum ibu menandatanganinya, ia pun menoleh seakan bertanya “yakin nggak mau dirawat?” dan saya pun hanya mengangguk pasti. Toh dokter atau siapapun adalah perantara. Takdir murni kuasa-Nya. Dan saya yakin ibu saya bisa menyembuhkan saya dengan obat herbalnya. Sempat merasa tidak enak ma dokternya. Argh tapi kan yang bisa merasakan enak nggaknya kan saya. *ngeyel mode on* 

baca juga: Clodi Vs Pospak

            Sampai dirumah ibu langsung membuatkan jamu kunir. Bahannya pun mudah: kunir diparut, diambil airnya. Kasih kuning telur ayam kampung, lalu madu dan terakhir jeruk nipis. Setelah terapi jamu itu selama kurang lebih 3 hari. alhamdulilah badan udah enakan. Udah doyan makan dari yang awalnya nggak doyan saya sekali. Udah bisa mandi, ari yang kemaren-kmren disekoin (di lap ma kain basah). Duh kalau ingat pas waktu-waktu seperti itu, ibu adalah segalanya. Dengan sabar merawat anaknya yang saat itu udah berumur 20-an tahun. Ibu adalah malaikat tanpa sayap adalah benar adanya. Love you so so so much. 

            Hingga kini saat Labib demam atau sakit apalah yang masih bisa diatasi dengan herbal, i prefer it. Kayak dioles minyak kayu putih dan bawang merah saat demam. Diuap dengan aroma minyak ayu putih saat pilek dll. Ada yang samaan dalam dunia per-ibu-an? atau ada yang mau berbagi tips seputar herbal juga? *toss dulu kita* hehehhe

You May Also Like

2 comments

  1. iya emang, terkadang obat berbahan kimia itu lebih berbahaya. kalo ada yang herbal mending herbal aja, lebih ekonomis juga :)

    ReplyDelete
  2. setuju. alam sudah menyediakan semuanya :)

    ReplyDelete

Terima kasih Sudah Berkunjung, dan mohon tidak meninggalkan link hidup.