4 Manfaat mengajak anak berenang

by - October 12, 2017




            Weekend adalah hari yang tepat untuk family time. Dan swimming adalah kegiatan baru bagi Labib. Terletak di sebuah perumahan yang asri, kota sidoarjo. “Citra Harmoni Water Park”. Sebuah kolam renang yang terletak di dalam perumahan elite citra harmoni ini memiliki wahana yang banyak macamnya. Dari mulai papan seluncur, sampai berbagai kedalaman kolam.


Sebuah pengalaman baru bagi Labib khususnya. Antara senang dan heran terlihat dari mimik wajah. Kadang terbengong melihat sekumpulan anak-anak yang bermain bola tangan di dalam kolam. Pun tak jarang tertawa cekikan saat bermain ‘sirat-siratan’ dengan teman barunya. 4 manfaat apa saja yang didapat saat anak berenang:

1.      Bergerak
Renang adalah cabang olahraga yang radiovascular *CMIIW* karena saat bisa berenang,  semua anggota tubuh akan bergerak. Tangan-kaki akan seirama, melatih pernafasan agar konsisten di air.

2.      Investasi Jangan Panjang
Investasi tidak melulu soal untung dan rugi. Tubuh yang sehat. Mental yang berani adalah salah satu investasi juga tuk masa depan anak. “Ajarkan lah anak kalian berkuda, memanah, dan berenang” kurang lebih begitulah Rosululloh bersabda. Karena dari ketiga olahraga yang lekat dengan keseharian kita adalah berenang, bukankah mengikuti yang sunnah itu merupakan suatu ibadah dan berbuah pahala?  

3.      Melatih Keberanian
Sebagai anak cowok, saya ingin melatih Labib untuk berani. Diumurnya yang akan menginjak usia 2tahun, keberaniannya belum terlihat nyata. Masih sering nangis kalau tidak melihat ibuk. Masih sering malu-malu kalau diajak maen kerumah tetangga. Masih belum nyaman dengan rumah eyangkung-uti nya. Dan sederetan ketidakberanian itu harus dikikis berlahan, salah satunya adalah mengenalkannya dengan dunia luar. Bertemu banyak orang, dan berenang salah satu pilihan tepat untuk menumbuhkan ‘breave’ itu. Karena dari kolam renang ia melihat banyak sekali orang yang juga menikmati olahraga menyehatkan ini. pun ia bertemu dan berkenalan dengan teman sebanyanya. Dari hanya kegiatan ‘ciprat-ciprat’ ini, ia mengenal gadis yang seusia dengannya, dan aku melihat ia sangat menikmatinya. 

4.      Melatih kedisiplinan
Kalau untuk usia labib, mungkin fase ini belum ia pahami. Tapi kelak saat ia ingin serius dibidang ini (mungkin), ia akan mengenal kedisiplinan. Ia akan mengenal ‘exercise makes perfect’ dan banyak hal-hal disiplin yang secara tidak langsung ia tahu. 
  

            Untuk uji-coba tahap pertama ini berjalan tanpa suatu kendala berarti. Maklumlah ya awal-awal ia mengenal kolam renang masih hari itu. Mungkin suatu saat bisa diajak untuk sesuatu yang challange lagi. Main perusutan misalnya *emaknya aja nggak berani, apalagi anaknya* heuheuheueheu. Yang lebih penting dari semua kegiatan itu adalah adanya bonding yang kuat antara ibu dan anak. Antara anak dan ayah. Ada moment-moment bahwa “It’s Ok, Nak. Nggak apa-apa kok basah. Nggak apa-apa kok mencoba sesuatu yang baru. Nggak apa-apa kok bertemu dan berteman baru. Jelajahilah dunia semampumu, belajalah dari alam. Kelak inilah bekalmu tuk melihat dunia lebih luas karena tidak selamanya ayah-ibu bisa mendampingimu.”

            “Anak tidak memerlukan banyak mainan, yang ia perlukan adalah banyaknya pengalaman” so jangan ragu tuk mengajak anak kita mencoba hal-halyang baru ya, Moms. Karena kita sama tidak tahunya pilihan hidup seperti apa yang kelak ia pilih. Oleh karenanya memberi banyak pengalaman membuat mereka semakin cerdas berbuat dan melangkah. dan buat Mom-Dad yang paling penting adalah Keep learning aja yuk. Agar kelak kita bisa memberi dan mendampingi anak-anak kita tumbuh sesuai fitrahnya, sesuai bakatnya.   

You May Also Like

10 comments

  1. aku takut air jadi gak pernah ajak anak berenang, mereka bisa krn di sekolah dijarain tapi itupun gak mahir

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting udah ada mentor yang bisa diandalin hehehe. karena kita bukan supermom yang bisa segalanya ^^

      Delete
  2. setuju banget mom dengan banyaknya manfaat berenang, bahkan anak saya 6 bulan lebih sudah diajak ke kolam biasa. Awalnya takut lama-lama enjoy. thanks for sharing ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. air identik dengan bayi dan balita ya mom ^^

      Delete
  3. Saya dan suami nggak bisa berenang, Mbak. Anak pertama karena ada asma disarankan dokter olahraga renang. Jadi saya les in ke instruktur agar gerakannya benar. Alhamdulillah jadi terjaga asmanya setelah rutin berenang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa nyembuhin asma juga ya mom? informasi baru ini. tfs ya mom ^^

      Delete
  4. Anak2ku kalau ke kolam renang gak berenang tapi jalan di kolam haha. Blm pada bisa berennag dan syaa bingung ngajarinnya.
    Tapi so far anak2 seneng sih, meski gak lama2 nyemplungnya krn saya batasin maksimal sejam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak saya juga gitu, belum yg bisa berenang. masih jalan di kolam hahahahaha

      Delete
  5. Betul Sekali. Sangat banyak manfaat yang terasa dari berenang. Terimakasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete

Terima kasih Sudah Berkunjung, dan mohon tidak meninggalkan link hidup.