Cek Milenestone anak yuk, Mom!

by - October 06, 2017




            Montessori lagi happening nech, Mom. Di insta story para mahmud bertebaran sensory play, DIY, messy play dan play-play yang lain. Saya kira ini kemajuan yang pesat. Mengingat bagaimana balita sekarang dengan segala keaktifannya. Dan permainan montesori ini adalah salah satu cara untuk menyalurkan energi si balita ini. seperti halnya Labib, di bulan oktober 2017 ini, doi udah berusia 20 bulan. Makin banyak tingkahnya yang bikin selalu baca istighfar dan mengelus dada. Maka tergeraklah saya tuk membuat permainan itu. Memang sich dari usia 6 bulan dia udah saya kasih sensory board (selengkapnya disini) dan itu ngefek banget.



            Namanya anak-anak suka sekali bosen. Dan inilah yang membuat emaknya *tunjuk hidung* up and down tuk bebikin wkwkkwkw. Bebikinnya saja lebih dari 10 menit, eh mainnya 5 menit *hayati lelah, bang* tapi untuk anak sendiri semua lelah akan hilang seketika saat melihat binar bahagia terpancar dari kedua bola matanya, setuju? Sekarang lagi pengenalan alat tulis. Mewarnai dan menggambar. Pun mengenalkan warna dari crayon yang digunakan. Ini lebih praktis dari bebikin yg lainnya hehehhe *emak bisa selonjoran dan scroll timeline* wkwkwkwk 


            Kalau pun di cek di milenestone perkembangan usia labib juga nggak jauh-jauh amat dari standart kemampuannya. Apa itu milestone? Milestone adalah perkembangan anak terkait dengan usia mereka saat ini. Berikut saya cuplikkan milenestone anak dari webnya MontessoriIndonesia oleh Elvina kusumo. Penulis buku seputar montessori juga. Here we go:

Milestone bayi dari Elvina dan IMC

Ø  Usia 18-24 Bulan

Si kecil mulai berlari , berjalan mundur, berjongkok dan naik tangga sendri. Mulai dapat menendang dan melempar bola, melompat di tempat, menari mengikuti irama musik serta menarik dan mendorong benda yang tidak terlalu berat. Selain itu si kecil mulai dapat membangun menara 4 balok atau lebih, membalik halaman. Makan dan minum sendiri, menyobek kertas, memasukkan benda ke lubang yang sesuai dan menunjukkan preferensi tangan. Mulai ingin membantu memakai dan melepas pakaian dan bisa memberitahu ketika celananya basah. Semakin menyimak dan menikmati cerita dan semakin memahami perkataan orang lain. Mulai mengucapkan kalimat kombinasi 2 kata dan perbendaharaan kosakata mencapai 20 kata atau lebih. Mulai tertarik untuk mencocokkan dan mengelompokkan benda dan mulai paham konsep pemilikan. Nah pada rentang usia ini pula MomC semakin giat menerapkan aktifitas montessori di rumah bersama C , mulai dari kegiatan montessori keterampilan hidup (practical life) serta mulai memberikan C kegiatan mencocokkan benda dengan gambarnya dan ini adalah kegiatan kesukaan C di saat-saat tersebut. Selain itu C mulai MomC libatkan membantu mencuci pakaian dan membantu menyiapkan makanan (menuang, mengaduk, dll) pada rentang usia ini juga. Pada usia ini juga C mulai belajar trasfer menggunakan sendok, menuang air dengan gelas kaca tanpa tumpah, dll. Untuk berbagai kegiatan keterampilan hidup dapat di cek di kategori kurikulum , practical life (keterampilan hidup) dengan pendekatan Montessori. Wah di tahapan ini MomC merasa semakin mudah bermain dengan C, semakin seru dan semakin asik! karena C mulai dapat seru-seruan dan semakin mengerti percakapan kami.  

Ø  Usia 2-3 Tahun

Melompat dengan dua kaki, berjalan naik dan turun tangga tanpa kesulitan, berjalan sambil berjinjit, menendang dan melempar bola,mengayuh sepeda roda tiga, dan bergerak dengan kekuatan dan koordinasi. Selain itu si kecil mulai dapat menuang dan membawa benda dengan kontrol, makan sendiri tanpa kesulitan, melipat kertas, menggunting tanpa pola, menyusun menara balok 6 atau lebih, mulai memegang alat tulis dengan tripod grip dan membuat garis lurus serta lingkaran. Mulai semakin mandiri , mulai berbagi, bekerja sama dan paham hal orang lain. Suka bermain pura-pura dan mengembangkan imajinasi. Dalam kemampuan verbal akan melonjak 50-300 kosakata , bicara dengan kombinasi 3-4 kata. Mulai ikut bernyanyi dan memahami cerita pendek. Mulai mengajukan dan respon terhadap pertanyaan dengan kalimat pendek. Mulai menyebutkan 6 anggota tubuh serta mulai menyusun puzzle 3-4 keping .

Kalau sudah tahu milenestone anak, kita tak lagi parno atau baper saat anak kita terlambat perkembangannya dibanding anak yang lain. Karena setiap anak itu hebat, maka tak pantaslah kita membanding-bandingkan anak kita dengan anak tetangga yang usianya sepantaran tapi perkembangannya berbeda. Parameternya itu ada di milenestone anak, bukan perkataan atau cibiran orang lain, setuju kan Mom?

#ODOPOKT6
#BloggerMuslimahIndonesia

You May Also Like

4 comments

  1. wah seru ya memang menstimulasi balita. pas banget anakku juga usianya 20 bulan, thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama. lebih detailnya cek di webnya montessori indonesia aja mba ^^

      Delete

Terima kasih Sudah Berkunjung, dan mohon tidak meninggalkan link hidup.