Pages

Pages

Pages - Menu

Friday, February 9, 2018

5 Tips Tidur Saat Anak Dalam Masa Penyapihan



            5 Tips Tidur Saat Anak Dalam Masa PenyapihanSetelah 2 minggu masa penyapihan usai, setelahnya tantangan yang semakin berat adalah menidurkan kannya baik pada siang dan malam hari tanpa nenen. Labib yang biasanya selalu tertidur dengan mudahnya, kini ia sangat susah untuk tidur. Meski terlihat berkali-kali menguap, ia belum juga memejamkan matanya. Tantangan seperti ini sering membuat saya sampai ngomel cantik, gegara saya juga kelelahan menemaninya seharian bermain dan belum juga tidur saat menjelang malam.


            Hingga saya putuskan untuk belanja ide ke dokterbabe.com tetang Tips Menidurkan bayi hingga lelap. Diantaranya adalah:

1.      Tetapkan jadwal tidurnya. Mengatur ulang jadwal tidur Labib adalah hal pertama yang saya lakukan. Kalau siang hari, saya pastikan untuk memberinya waktu tidak kurang dari 2 jam dalam tidurnya. Karena kalau lebih dari itu, malam hari ia akan makin sulit untuk tidur. Membuat banyak aktivitas pada siang hari. Mengenalkannya lagi konsep siang dan malam kepadanya.  

2.      Buat bayi rileks. Sejak pukul 20.00 saya sudah membawanya ke kamar, lalu membuatkan susu, setelah habis satu dot barulah saya dongengkan beberapa cerita pengantar tidur. Tidak selalu buku dongeng, ada juga buku bergambar, yang focus ke gambar bukan cerita atau kalimatnya pendek-pendek. Selain membuatnya rileks, mendongeng mempunyai banyak manfaat diantaranya menambah kosa katanya dan membiasakannya untuk cinta buku sejak dini.

3.      Ciptakan lingkungan untuk tidur. setelah dongeng usai, saya matikan lampu. Dan mengusuk-usuk salah satu bagian badannya entah punggung, kaki, tangan atau rambutnya. Agar ia mudah terlelap.  

4.      Perhatikan tanda-tanda bayi mengantuk. Berkali-kali menguap, serta konsentrasi yang makin buyar adalah tandanya ia sudah lelah dan akan segera beranjak tidur.

5.      Atur makanan bayi sebelum tidur. 150 ml susu adalah menu penutup dalam mengantarnya tidur. Tidak kurang atau lebih. Kalau kurang, pas malam hari ia akan terbangun dan minta susu lagi. kalau kelebihan, mubadzir nggak diminum lagi olehnya.

Kelima tips diatas saya adopsi dari dokterbabe.com dan menyesuaikan dengan kondisi Labib. Dan tips diatas saya jalani kurang lebih 2 minggu ini. so far ini sangat membantu sekali untuk menidurkannya dalam masa-masa transisi ini. karena bagaimanapun usia 2 tahun adalah waktu yang cukup untuk mengenalkannya dengan ASI. Setelahnya ia akan mendapatkan cukup nutrisi, dan gizi seimbang dari makanan padat dan susu formula.  


            Sempat nyesel sich kenapa nggak dari dulu kenal dengan dokterbabe.com. sebuah situs kesehatan online paling terdepan di indonsia. Selain info kesehatan banyak juga info tentang hidup sehat, kecantikan, ibu & bayi, keluarga, keintiman dengan pasangan dan tentu saja kesehatan. Dan yang saat ini related dengan kondisi saya adalah artikel tentang ibu & anak dan tak jarang juga tentang kecantikan. Duh wanita emang tidak bisa jauh-jauh dengan yang indah-indah ya. meski udah berbontot, tetap saja menjaga kecantikan adalah must things yang harus juga diperhatikan. Coba intip di dokterbabe.com pasti lengkap dech. Dan yang pasti adalah tipsnya alami. ini dia versi youtube: 



            Selain info kesehatan yang terupdate, ada banyak hal yang bisa kita lakukan di situs ini diantaranya adalah

1.      Adanya layanan konsultasi online yang diampu oleh dokter yang ahli dibidangnya. Jadi tidak asal menjawab pertanyaan, apalagi dokter abal-abal mall praktek jauh-jauh dech. Cek saja di dokterbabe.com pasti banyak pertanyaan dari netizen terkait dengan kesehatan. So, jangan ragu untuk mencari tahu di situs ini ya.

2.      Bisa mencari lokasi Rumah Sakit (RS), fasilitas kesehatan (Puskesmas, klinik, dokter praktek, apotik) terdekat. Sejak pindah ke kota, mengikuti suami saya kebingunan mencari puskesmas terdekat. Untung ada aplikasi ini, jadi tinggal pencat-pencet sampailah ditempat tujuan. Emang teknologi membantu banget ya.

3.      Ada glosarium Obat. Glosarium ini berfungsi untuk memberi tahu obat terbaru dan terlengkap, serta indikasi, cara pemakaian, dan dosis yang dianjurkan. Selama ini moms kalau mendapakan obat dicari asal-usulnya atau tidak? Pasti kebanyakan asal comot dan diminumkan ke anak ya? sama dunk kita hahahha. Tapi sejak kepoin dokterbabe.com saya makin rajin buat mencari tahu.

4.      Ada glosarium penyakit. Sebuah informasi tentang beberapa penyakit tertentu dan akan dikupas tuntas permasalahannya secara lengkap mulai dari pengertian, cara pencegahan hingga obat yang disarankan. Seorang teman dalam salah satu komunitas yang saya ikuti pernah berpesan bahwa “ Dokter juga manusia, maka mencari second opinion adalah the best thing yang bisa kita lakukan terkait kesehatan keluarga kita utamanya.”



Nah, udah tahukan apa saja yang ada disitus ini? atau mau konsultasi juga? BISA banget langsung saja download aplikasinya di playstore. Dijamin aman kerahasiaan kita. Karena kan penyakit/ keluhan kita adalah hal privasi yang tidak perlu dipublikasikan. Beda lagi kalau kita dengan suka rela sharing hehhe. So be wise ya emak, dan pastikan kita bertanya ditempat dan orang yang tepat.


8 comments:

  1. Ini situs kan mbak? Bukan sejenis aplikasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa situs, bisa aplikasi. di playstore ada kok mbaa

      Delete
  2. Wah udah mulai bermunculan ya aplikasi atau situs kaya gini. Tinggal gunakan ponsel oke deh...

    ReplyDelete
  3. Afwan mba...
    Kalau sebelum tidur diberi susu, apakah tidak takut akan merusak gigi susu Labib?
    Dan bagaimana dengan jadwal ke toiletnya?
    Kalau malam bangun untuk pips?

    ReplyDelete
  4. Aplikasi yang berguna banget ini untuk menambah pengetahuan khususnya tentang kesehatan, ternyata dari sana ada berbagai tips juga ya mbak

    ReplyDelete
  5. Jaman sekarang tuh enak banget, ya, Mba. Udah ada aplikasi/program seperti ini. Nambah ilmu dan wawasan jadi jauh lebih mudah. Thanks to technology, beruntungnya kita hidup di masa kini. Sayangnya, masa penyapihan Intan dulu, 19 tahunan lalu, blm semudah ini. Malah masih sulit. Haha.

    ReplyDelete

Terima kasih Sudah Berkunjung, dan mohon tidak meninggalkan link hidup.