Pages

Pages

Pages - Menu

Friday, February 9, 2018

8 Hal Yang Ingin Saya Lakukan Saat Berusia 40 Tahun




            8 Hal Yang Ingin Saya Lakukan Saat Berusia 40 TahunBersyukur adalah cara saya menyikapi tahun demi tahun pertambahan usia yang semakin menipis. Sebuah bilangan angka yang akan menemui kepastian yaitu kematian. Seperti di agama yang saya yakini bahwa hidup hanya mampir minum. Membawa bekal sebanyak yang kita mampu untuk kehidupan yang lebih abadi (akhirat). Sudah cukupkah bekal saya saat ini? karena kematian datang tanpa nanti. Dan seabrek pertanyaan yang membuat kening berkerut, dan dada sesak karena tahu diri bahwa sampai saat ini tak ada bekal yang mampu saya bawa. Semoga masih ada kesempatan sebelum ajal itu datang.


            Jika masih diberi umur yang panjang hingga 40 tahun, yang artinya 13 tahun lagi dari sekarang saya akan melakukan hal-hal seperti ini:

1.      Ingin pergi ke Baitulloh bersama keluarga, menyempurnakan rukun shalat kelima. Seminggu yang lalu saat saya menjemput ibu dari sebuah kegiatan kerohanian (khataman) bu nyai berpesan bahwa ada travel umroh yang bekerjasama untuk memberangkat anggota khataman pada saat puasa di tahun 2020 dengan membayar biaya perjalanan sebesar Rp. 29juta. Saat saya mendengarnya, bulu kuduk saya merinding, dada saya berdebar jauh lebih keras dari sebelumnya. “Labaikalloh tsumma labaik, labaikalah syarikalaka labbaik inna hamdah wanikmata lakal hamdu.” Meski sekarang saya hanya bisa bermimpi, semoga di angka 40 tahun saya bisa menunaikannya. ‘mbuh piye carane’ hehhe. Yakin saja bahwa Alloh Maha kaya atas segalanya. Ikhtiar dan doa  dimaksimalkan. Amin.


2.      Membuka taman baca untuk anak-anak sekitar. Buku adalah jendela dunia, maka bukan tanpa alasan membuka taman baca di rumah adalah salah satu impian saya. Memberi jalan kepada anak-anak disekitar saya cara ‘melihat dunia’. Karena hidup tidak hanya hitam-putih, ada banyak warna yang menghiasinya. Salah satunya dengan membaca.


   

3.      Memiliki hunian sendiri adalah impian semua pasangan halal, baik yang old atau yang masih baru. Oleh karenanya saya ingin memilikinya sebelum atau saat umur mencapai angka 40 tahun. Menjadi satu-satunya ratu yang keberadaanya dinantikan ileh seluruh keluarga, menyiapkan kudapan yang menggugah selera hingga setiap anggota keluarga rindu untuk pulang. Betapa indahnya perasaan ini, menjadi orang yang menyenangkan bagi orang lain, khususnya keluarga.

4.      Menerbitkan buku solo. Sejak bergabung di komunitas kepenulisan, ada slogan hebat yang sampai saat ini masih membuncah dalam dada ‘satu buku sebelum mati’. Ingin sekali menerbitkan buku, sebagai wujud kecintaan saya pada dunia litersi tapi entah kapan bisa terealisasi melihat dunia percetakaan yang semakin hari mengalami penurunan akibat dari canggihnya teknologi. Readers lebih memilih buku elektronik, daripada buku yang mempunyai bentuk fisik. Oleh karenanya saya memilih menjadi bloger yang bisa sharing banyak hal di diary elektronik ini.

5.      Lebih banyak waktu dengan keluarga. Meski saya seorang Stay At Home Mom (SAHM) yang waktu 24 jam saya habiskan di rumah, menemani si kecil yang sedang aktif-aktifnya membuat saya selalu kekurangan waktu, selalu merasa belum maksimal setiap harinya. Mungkin karena pekerjaan IRT yang seolah tiada habisnya itu kian hari kian menumpuk hahaha *cari kambing hitam*. Dan juga ingin lebih dekat dengan suami. Kini suami yang masih berstatus mahasiswa, keintiman diantara kami makin terkikis. Semoga setelah ini, saat ia lulus maka waktu bersama keluarga (anak dan istrinya) makin banyak. Amin.



6.      Ingin ngedate berdua dengan ibu. Sejak baca postingan mama grace di salah satu blogspotnya. Saya tercetus untuk bisa traveling atau ngedate berdua dengan ibu saya yang makin hari makin bertambah kerutan diwajahnya. Saya sadar selama ini belum maksimal dalam membahagiakannya, dalam berbakti kepadanya. jika masih dikasih umur hingga 40 dan ibu saya juga dalam keadaan sehat walafiat, semoga mimpi itu tercapai.

7.      Menjalani hidup sehat. Hampir sebulan ini saya menjalani hidup sehat. Salah satunya adalah mengganti menu sarapan yang dulunya sepiring nasi, kini berubah menjadi salad sayur. Badan terasa lebih sehat, dan lingkaran lemak semakin berkurang. Semoga bisa tetap istiqomah hingga nanti.
    

8.      Lebih memperdalam ilmu agama dan Al-Qur’an. Sadar diri bahwa semakin bertambah umur, semakin malas diri untuk menambah ilmu agama dan al qur’an. Padahal kematian makin dekat, mau membawa bekal apa nanti? Setidaknya itulah yang terngiang di pikiran saya. Semoga bisa memperdalam ilmu agama dan al quran di usia 40 tahun atau bahkan kurang.
Kurang lebih itulah impian, harapan-harapan yang ingin saya lakukan di usia 40 tahun atau kurang dari itu. manusia hanya bisa berencana, karena sebaik-baik penentu rencana adalah milik-Nya semata.

#KEBTematik