Arti Nama Labib dan Asal Muasalnya

by - March 12, 2018



            Mendekati HPL (Hari Perkiraan Lahir) saya getol memilih nama untuk calon baby di dalam perut. Karena waktu itu ibu saya berfirasat bahwa kelak anak saya adalah LAKI-LAKI. Berbeda dengan prediksi bidan kala itu. saat beberapa kali USG bidannya bilang, “Anaknya malu mba, selalu menghadap belakang saat di USG tapi kalau lihat ciri-cirinya sepertinya perempuan.” Saya mah nggak masalah baik laki atau perempuan, yang penting selamat dan sehat sampai persalinan.
“Kelak kalau laki-laki, berilah nama Ellqy.” Saya tahu ibu saya ingin memiliki cucu bernama ellqy sama seperti anak guru saya. “Terserah bapaknya, bu.” Ucap saya singkat. Perkara nama memang tidaklah semudah menuruti keinginan semua pihak. Ibu punya pilihan, saya punya pilihan, dan kelak ayahnya juga punya pilihan dan juga yang memutuskan. Tahulah kita bahwa nama adalah sebuah doa yang dipanjatkan untuk keberlangsung dedek baby sampai kelak ia dewasa. Jadi usahakan nama yang mempunyai arti baik dan mengandung kebaikan.


            Kamis, 4 Februari 2016 lahirlah seorang bayi laki-laki tepat pukul 22.00 secara normal (kelak saya akan buat postingan lahiran ini). dan saat hari sabtu, kami (saya dan dedek baby) diboyong kerumah mertua. Karena emang rencana awal adalah saya melahirkan di rumah mertua. Tapi karena persalinan melenceng jauh dari HPL jadilah saya ‘brojol’ duluan tanpa persiapan sama sekali. Ke bidan pun hanya bawa badan, tak ada jarik, baju baby, dan sederetan perlatan umumnya. HPLnya adalah bulan depannya, Maret eh si anak lanang ingin buruan keluar hehehhe. “Nggak betah ya nak di dalam?” (*&&^%$##@!

            Seperti tradisi disini bahwa anak lahir laki-laki sebaiknya segera disunat (saya juga akan buat postingan khusus benefitnya sunat dini), di aqiqohi (menyembelih 2 kambing) serta diberi nama. “Biar suci sekalian.” Kurang lebih itulah yang diucapkan ibu mertua. Oleh karenanya suami segera mencari nama yang pas untuk jagoan mungil kita. “Apapun namanya sandingkan dengan nama Ellqy.” Itu pesan saya kala itu. teringat dengan pesan ibu sebelum lahiran. dan menutup rapat-rapat keinginan saya dalam ‘urun nama’ karena sadar diri bahwa ilmu agama ‘khususnya bahasa arab’ saya masih ‘cetek’ (dangkal) oleh karenanya saya serahkan semua kepada suami.

            Di dapatlah nama ELLQY AHMAD DANIAL LABIB. Saya masih ingat betul betapa suami kurang setuju dengan adanya nama ellqy di depannya. Karena beliau tahu arti nama itu adalah lempar. Merujuk pada surat Al-A’rof ayat 117 yang artinya: “Dan Kami wahyukan kepada Musa, “Lemparkanlah tongkatmu.” (Alqi = lemparkan). Tapi waktu sangat mepet dengan acara pemberian nama. Jadilah ellqy tetap dipakai. Sedangkan AHMAD dari kata MUHAMMAD, merujuk pada nabi terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW. DANIAL adalah nama Nabi Daniyal atau danial. Nabi danial adalah nabi bani israil yang kesabarannya seluas samudra. Memang nabi danial tidak terdapat dalam 25 nabi, tapi kisahnya shahih. Apakah kisah/ mukjizatnya? Adalah ketawadhuannya dalam menghadapi peristiwa besar. Saat ia difitnah oleh sekelompok orang yang tidak menyukainnya, hingga ia dihukum dengan menjebloskannya ke lubang yang terdapat 2 singa kelaparan. Karena Lindungan-Nya saat Nabi Danial dimasukkan ke dalam lubang itu, 2 singa itu tidak menunjukkan taringnya. Mereka bahkan menjilati Nabi Danial (baca kisahnya disini). Dan LABIB yang artinya cerdas.

            Jadi secara garis besar nama Ellqy Ahmad Danial Labib adalah anak laki-laki cerdas seperti Nabi Muhammad dan Nabi Danial. Semoga kelak sifat-sifat baik dalam kisah para Nabi ini menurun ke anak laki-laki kami. inilah ikhtiar kami dalam memberi nama berupa doa terbaik untuknya. Karena suatu hal, saya memutuskan untuk ‘mencopot’ nama ellqy, kenapa? Tunggu lanjutannya yaa.  

You May Also Like

8 comments

  1. Amiiin, semoga jadi anak sholeh dan memiliki sifat sesuai yang didoakan

    ReplyDelete
  2. Emang Ibunya Mbak apa alasannya mau kata Ellqy buat cucunya? Apakah ibu tahu juga kalau artinya melempar?
    Apakah karena ikut temannya juga?

    Jadi sekarang namanya Ahmad Danial Labib ya?

    ReplyDelete
  3. Loh kebalikan dari kami mba, utk kedua anak ortu ga pernah urun nama, tapi pas anak kedua, dikasih nama Hanzo oleh suami, mamaku agak protes, dikira nama ga Islami gitu dan aksennya susah juga utk org awam.... Padahal itu nama samurai Jepang yg muallaf, dikasih nama ayahnya Hanzo diambil diambil dari nama Hanzalah sahabat Rasul. Ah, jadi pengen bikin tulisan serupa :D

    ReplyDelete
  4. ooo Labib itu artinya cerdas. Aaminn mbak moga anaknya tumbuh sesuai arti namanya :D
    Ditunggu lanjjtan ceritanya :D

    ReplyDelete
  5. nama adalah doa, semoga dedek labib menjadi anak yang sholeh dan cerdas.

    ReplyDelete
  6. Nama Ellqy terdengar aneh dan susah diucapkan oleh lidah Jawa kayak saya

    ReplyDelete
  7. Ahmad Danial Labib juga udah bagus banget artinya ya

    ReplyDelete
  8. Semoga esok bs bermanfaat buat umat ya Nak dengan namanya. Labib si cerdas, amin :)

    ReplyDelete

Terima kasih Sudah Berkunjung, dan mohon tidak meninggalkan link hidup.