Menciptakan "Ruang" Berkarya (Tugas 2)

by - March 22, 2018



Tugas 2
1.      Buatlah “ruang” untuk 7 bakat Dominan diri dari 34Tema Bakat dalam kehidupan sehari-hari, berkeluarga, ataupun berkomunitas.
2.      Buatlah “ruang” untuk 6 Peran Dominan dari ST30 dalam kehidupan sehari-hari, berkeluarga, ataupun berkomunitas.



Jawab

1.      7 bakat dominan pada diri:
a.        Adaptability          : saat mengikrarkan diri menjadi OLSHOPER, saya memilih untuk jualan buku anak premium. Dan seiring berjalannya waktu, saya merasa tidak maksimal. Sehingga kini beralih ke skincare. (bersiap untuk perubahan)
b. Beliefe                     : saat berstatus menjadi istri dan ibu, hampir 90% waktu saya untuk keluarga. Jadi saya mengambil peran untuk melayani kapanpun dan dimanapun keluarga saya berada.
c. harmony                  : memberi ruang pada diri untuk menjadi ibu yang SABAR. Tak ada teriakan untuk luapan emosi kala si kecil tantrum. Membuang energy negative berupa emosi dalam pengasuhan ini.
d. include                    : memberi ruang pada diri untuk menjadi tetangga/ teman/ saudara yang bisa merangkul semua orang tanpa melihat kaya/ miskin, cantik/jelek, berpendidikan/ non pendidikan.
e. learner                      : memberi ruang pada diri untuk melakukan apa yang menjadi minat saya. Cukup 2 hal. Menulis dan mendidik. Mempelajari metode Montessori untuk dipraktekkan ke anak. Membuat apparatus Montessori dengan bahan seadanya di rumah tanpa mengurangi filosofi yang dipegang tegus oleh directress (pengajar montessori).
f. Positivity                 : memberi ruang pada diri untuk menjadi mom blogger yang inspiratif. Dari kegiatan sehari-hari membersamai anak dan keluarga dengan cara lebih banyak mengisi konten yang bermanfaat.
g. Relator                    : memberi ruang pada diri untuk mengambil peran dirumah sebagai pelayan di rumah. Melayani keluarga dengan sepenuh hati.

2.      Memberi “ruang” dari 6 peran:
a.       Caretaker   : maka ruang yang diberikan pada diri dengan mengambil peran sebagai Full Time Mother (FTM) dengan pelayanan 24 jam.
b.      Creator      : maka ruang yang diberikan pada diri dengan membuat tulisan kolaborasi dengan sesame blogger (bersinergi). Dan nantinya kita juga membuat Question and Answer pada ibu muda terkait parenting dan relation di dalam keluarga.
c.       Educator   : maka ruang yang diberikan pada diri dengan terus up date pengetahuan tentang metode pendidikan anak usia dini. Yang spesifikasinya merujuk pada metode Montessori, serta membuat aparatusnya untuk bisa memaksimalkan masa golden age anak.
d.      Journalist   : maka ruang yang diberikan pada diri dengan terus up date konten di blog. Semoga dengan merutinkan menulis konten bermanfaat di blog, pembaca dapat merasakan manfaatnya juga.
e.       Mediator   : maka ruang yang diberikan pada diri dengan belajar sebanyak-banyaknya serta menyampaikan kepada banyak orang (pembaca) melalui media BLOG.
f.       Server        :maka ruang yang diberikan pada diri dengan melayani keluarga inti dan keluarga besar.

 “Barang siapa bersungguh-sungguh di dalam, maka ia akan keluar dengan kesungguhan itu” quote dari Bu Septi ini saya pegang teguh-teguh. Menjadi pijakan untuk stay cool menjalani peran sebagai IBU dan ISTRI. Inilah yang saya jadikan pijakan dalam memberi “ruang” bagi diri. Karena “ruang” itu 90% saya ciptakan untuk keluarga. Selebihnya adalah dengan menulis di BLOG. Pun terkait “ruang” diranah public, baik komunitas maupun lainnya. Saya sangat membatasi. Bahkan event blogger pun saya selalu absen. Karena anak masih balita, serta belum dapat persetujuan dari suami untuk mengambil peran di ranah public.

#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateri2
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu

You May Also Like

0 comments

Terima kasih Sudah Berkunjung, dan mohon tidak meninggalkan link hidup.