Emak, Jastip, dan BBW

by - April 13, 2018

sumber


Belanja sekarang, atau menyesal kemudian” adalah tagline dari seorang emak sukses dengan berjualan buku khusus anak. Yang juga meracuni saya dan hampir seluruh emak yang melek literasi untuk buah hatinya di rumah. Dari sinilah saya memberanikan diri untuk bergabung dalam grup “Khilaf Berfaedah BBW 18”. Sebuah grup para emak yang tidak lain adalah para pembeli buku import dengan menggunakan jasa titip (jastip). Kenapa memakai jastip? Karena terkendala jarak. BBW pertengahan tahun ini hanya ada di Jakarta. maka hal ini membuka peluang usaha bagi emak-emak yang rumahnya tidak jauh dari ICE, BSD city untuk membantu emak di seluruh Indonesia memiliki buku import yang kualitasnya tidak diragukan lagi.


            Ini tahun ketiga BBW diselenggarakan di Indonesia. Dengan antusiasme masyarakat yang membludak, tidak tanggung-tanggung hanya beberapa hari saja sejak dibukanya pameran BBW ini, transaksi yang diperoleh sudah mencapai milyaran. Wow, angka yang fantastic bukan? Inilah kenapa saya percaya bahwa literasi di Indonesia tidak jelek-jelek amat, meski bisa dibilang tidak sebaik Luar negri. Hanya saja, kita belum difasilitasi. Apalagi untuk buku anak. Maka bolehlah kita sebagai emak, urun opini untuk meningkatkan literasi anak usia dini dengan menjual buku-buku yang menarik. Menarik ini seperti buku yang penuh warna, bahannya yang tidak mudah rusak, bisa lift the flap, peekaboo,  pop up dan masih banyak lagi.

            Ini tahun pertama bagi saya ikut memeriahkan euphoria BBW ini. saya mengikuti jastip dari seorang mommy keren dengan segudang pengetahuan tentang buku anak khususnya. Sebut saja namanya mba Asri, akun IGnya @asri_dh. Beliau tinggal di daerah tangerang, dan rumahnya tidak jauh dari tempat terselenggaranya BBW ini. argh beruntung sekali berkumpul dengan emak-emak yang mementingkan gizi otak anak daripada gamis, tas dan perintilan lainnya.

sumber

Kenapa HARUS ke BBW? Karena DISKONNYA BESAR 60-80% untuk semua BUKU IMPORT! Contohnya nech, buku dear zoo yang harga aslinya diatas 100k, maka saat pameran buku harganya menjadi 50k. Itulah kenapa emak-emak pada garcep (gerak cepat) saat  ada jastip yang hanya menambahkan 5k dari buku yang dititipkan. Amazing banget kan? Semoga mba Asri dan keluarga diberi kemudahan dan kebarokahan karena telah membantu emak-emak kayak saya untuk mendapatkan buku premium dengan harga diskon besar (*big hug mbak). Tak hanya itu, saya pribadi juga mendapatkan pencerahan dari mbak Asri tentang rekomendasinya mengenai Living book. (mungkin next postingan saya akan jabarkan apa saja Living book itu berdasarkan teori Charlott Mansion serta rekomendasi dari mba Asri)
Sumber: @asri_dh

             Setelah melihat antusiasme emak-emak yang kalap dalam membeli buku anak, jadi tahulah saya betapa BUKU yang MENARIK akan juga menarik anak untuk membacanya atau sekadar membolak-balikkan buku. Saat melihat obrolah di GRUP JASTIP, saya pun banyak terinspirasi oleh emak-emak kece ini atau lebih tepatnya ‘puk-puk-in’ diri bahwa yang kami lakukan adalah sebuah KEBENARAN HAKIKI meski menghabiskan uang belaja ratusan ribu hingga jutaan hahahha.  diantaranya adalah:
“Nggak apa-apa, emaknya ‘puasa’ jajan dulu, yang penting anaknya ‘kenyang’ buku.”
“Masyalloh habis rekapan, belanjaan 2 hari hampir 2 jeti. Beneran simulasi ramadhan ini”. Pun sang owner tak kalah bikin emak-emak kepikiran terus dengan ‘racun-racun’ yang ia tebar, “Saya OTW impor mainan blok kayu magnet mba, nanti kalau sukses dan beneran kece insyalloh bisa kali ngeracun sini hihihi.” Pungkasnya saat sebelum live shopping. Gimana seru bukan, segrup dengan emak-emak yang kalap buku? Hahahahah

            Dari grup jastip juga saya bisa memperkirakan buku-buku best seller BBW dari tahun ke tahun meski belum pernah ke BBW secara langsung. Semoga akhir tahun nanti BBW Surabaya ada lagi dan bisa merasakan euforianya belanja buku import. Buku yang menjadi incaran para emak menurut jenisnya  adalah:
1.      Sound book (SB), contohnya:
a.       noisy animals,
b.      messy pig,
c.       The red fire engine
d.      the easy farm,
e.       things that go.
f.       The busy digger, etc
2.      Boardbook (BB), contohnya:
a.       buku terbitan Mizan,
b.      zoo animal terbitan Campbell,
c.       rainbow colouring yaitu buku semacam colouring line yang ada batasnya. Jadi kalau mewarnai tidak luber kemana-mana.
d.      Whats up.
e.       Give & take, etc
3.      Activity book (AB), contohnya:
a.       sticker book Farm,
b.       trains,
c.       frog is frog, etc
4.      Hard Cover (HC), contohnya: under the sea
5.      Pop up book (PU) contohnya: Things that go
6.      Lift the flap (LTF), contohnya:
a.       little sliders opposites
b.      Peekaboo barn
7.      Touch and feel, contohnya: where is milly mouse?
8.      Muddle and match, contohnya: hello kitty
9.      Soft Cover (SC), contohnya:
a.       My first Picure and dictionary
b.      Bear hunt

Ada yang penasaran ada berapa buku yang berhasil saya dapatkan? Here we go:
1.      Pop up book ‘things that go’ 
2.      Kisah-kisah Aku dan ayah     
3.      Aku ingin menjadi                 
4.      Poo                 
5.      Love Allah                             
6.      Guess How much I love you (serian GMILU).         

Lumayan dapat 2  living book (Guess how much I love you dan Poo ). Selanjutnya akan saya review saat bukunya datang ya heheheh. Nggak banyak tapi cukup untuk beli gamis premium hahahhaha (curhat Mode ON)

Tanggal 7 kemarin, live shopping terakhir dari grup jastip yang saya ikuti. Antara sedih dan senang dibuatnya. Sedih karena buku-buku living book belum banyak yang saya punya. Senang akhirnya ATM di rekening bisa bernafas juga heheheh. Adakah yang seirama dengan saya? Insyalloh BBW akan diadakan lagi entah kapan waktu dan tempatnya. Semoga dengan seringnya diadakan BBW di Indonesia, anak-anak kita layak memiliki buku bagus. tak hanya itu, semoga perbukuan di Indonesia makin kreatif untuk membuat buku serupa. Boleh kan berharap?

You May Also Like

11 comments

  1. Masya Allah... Semoga anaknya suka dengan buku-buku ya mbaaa...

    ReplyDelete
  2. amin. iyaa mbaa nggak sabar nunggi bukunya datang hehehhe

    ReplyDelete
  3. Wahhh ini bisa jadi tips buat aku. Kemarin aku perdana mencoba jastip iseng-iseng. Sepertinya tahun depan mau serius buka jastip ah. Mumpung suami dukung juga.

    ReplyDelete
  4. Buku yg bagus ada harga yg bagus untungnya ada diskon. Jastrip membantu emak emak buat mendapatkan barang baru berkualitas dan kaya ilmu

    ReplyDelete
  5. jastip emang ngebantu banget ya kak buat yg susah pergi kemana-mana

    ReplyDelete
  6. Wkwkwk Ada-ada aja ya emak zaman now.

    Tapi bbw ini emang racun banget sih, haha

    ReplyDelete
  7. Bbw emang racun amat ya. Sayang g bs belanja kmrn. Hiks.. g join sm jastip sih. Wkwk..

    ReplyDelete
  8. Aku ke bbw langsung april tahun kemaren, dan langsung stres sendiri karena mau beli semuanya mbak hahaha. Heaven on earth banget bbw ini. Makanya kalo lagi bbw, aku menghindari liat-liat jastip, biar ngga tergoda.

    ReplyDelete
  9. BBW memang racun! Jastipnya juga lebih racun lagi *kekep dompet.

    ReplyDelete
  10. Wuaah mupeng. Itu beneran ya buku² diskon sampai 80%. Duh aku jadi tertarik nih.

    ReplyDelete
  11. Kemarin aku mauikutan jastip tapi eh malah lupa :p

    ReplyDelete

Terima kasih Sudah Berkunjung, dan mohon tidak meninggalkan link hidup.