Pengalaman Ngeblog

by - April 20, 2018



            Rumah keduaku adalah blog pribadiku. Dimana semua keluh, kesah, canda, tawa, dan seabrek emosi jiwa tumpah ruah menjadi satu bagian berkesinambungan. Bagiku blog adalah tempat ternyaman kedua setelah curhat kepada Sang Pemilik Jiwa. Cukup menuliskannya di blog, setelahnya ada rasa plong yang menjalari diri. Kalau bisa dibuat pelajaran bagi pembaca akan saya publikasi, tapi kalau hanya sebuah kesedihan dan menjurus ke ghibah akan saya simpan as draft dan kelak akan saya hapus. Sesimple itu ternyata menulis di blog.


            Sejak SMA saya sebenarnya sudah mendengar desas-desus tentang keberadaan blog ini. jadilah saya mempunyai banyak blog yang akhirnya hilang karena lupa password dan lain sebagainya. Akhir tahun 2016, saat saya mempunyai new baby. Saya memantabkan diri untuk memulai ngeblog lagi. dengan alamat www.mahmudketjeh.blogspot.com. Sebuah blog gratisan untuk menampung semua cerita keseharianku sebagai mama muda. Pun sebagai terapi bahwa banyak hal yang saya rasa setelah kelahiran anak pertama ini. seperti baby blues yang membuat saya merasa capek karena seharian mengurus bayi. Capek menghadapi bayi baru lahir yang tidak mau ditidurkan di kasur. Capek karena sedihnya memendam rindu untuk bersua dengan keluarga. Capek karena harus menunggu 40 hari untuk bisa keluar rumah. Capek karena harus minum jamu dengan berbagai rasa yang membuat mual. Dan kecapekan yang lainnya, yang tidak bisa diungkapin satu persatu bahkan kepada suami pun saya enggan bercerita.

            Blog adalah salah satu terapi termurah setelahnya. Akhirnyan setelah memiliki blog pribadi, saya pun rajin menuliskannya setiap hari kalau ada spare time di sela-sela momong bayi. Perlahan namun pasti, akhirnya saya bisa melewati detik-detik menyeramkan pasca melahirkan. Banyak membaca cerita mommy-mommy blogger untuk menguatkan mental saya sebagai new mom. Karena benarlah kiranya bahwa menjadi ibu tidaklah semudah membalikkan tangan. Menjadi ibu artinya harus mau untuk belajar lagi. belajar memahami ‘keinginan’ sang anak saat ia belum bisa mengutarakan isi hatinya. Belajar untuk lebih bersabar saat si baby tidak mau ditinggal meski hanya buang air kecil di kamar mandi. Belajar lagi untuk memanfaatkan moment-moment golden age dengan memberinya permainan edukatif untuk memaksilakna otak anak yang perkembangannya sangat cepat pada masa ini.

            Semua butuh proses dan ketekunan yang tiada tara. Inilah yang meneguhkan saya untuk merubah blog gratisan ke sebuah blog berbayar dengan akun www.aiqoworld.id. Menuju professional adalah keinginan saya. Pun sebagai karya yang mempunyai hak cipta. Blog adalah tempat ternyaman untuk berkreasi. Karena semua tulisan yang kita buat akan tayang di rumah virtual ini tanpa ada proses editing dan seleksi yang ketat dari editor hahahhaa. I am a fan of my writing. Kurang lebih itulah karena saya fans berat dari tulisan-tulisan saya.

            Monetisasi blog adalah tujuan kedua setelah kepuasan batin terpenuhi. Karenanya saya tidak menargetkan diri untuk selalu mengikuti event-event blog yang bisa digunakan untuk meraup pundi-pundi rupiah. selain karena masih punya baby, saya rasa tulisan saya ‘belum’ pantas untuk mendapatkan reward. Terkait dengan DA/PA blog masih seumur jagung.

Apa yang saya dapatkan selama ngeblog hampir 2 tahun ini?

            Banyak. Salah satunya adalah belajar hidup dan kehidupan. Belajar parenting dari mommy-mommy blogger di luar sana. Sekomunitas dengan mereka yang sehobi itu menularkan semangat loh kalau lagi down untuk posting. Dan yang tak kalah penting adalah reward berupa materi. Tapi  sekali lagi BUKAN UTAMA dalam perjalanan ngeblog yang saya jalani saat ini. reward berupa nominal rupiah sengaja saya jadikan acuan terakhir dalam perjalanan ngeblog saya karena memang saya tidak mengandalkannya sebagai pasif income untuk saat ini. maka yang akan dan terus saya jalani adalah TETAP MENULIS yang bagi saya bermanfaat, dan pembaca pun beroleh manfaatnya juga. Jadi MENULISLAH saat ada yang salah, menulislah semoga hati lebih lapang setelahnya.

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveway Sinizam.com oleh khoirun Nizam"

You May Also Like

28 comments

  1. Nulis di blog bagi saya adalah aktivitas yang menyenangkan krn sudah menjadi passion..

    ReplyDelete
  2. Wah bener nih dengan ngeBlog bs buat alat terapi jiwa dan bisa belajar emak emak diluar sana :) Tosss mbak aku dlu juga suka nulis diary haha. Entah generasi apa kita ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti generasi jadul ya mba hahahah

      Delete
  3. Aku sekarang mulai rajin lagi ini ngeblognya lumayan ngisi pas waktu senggang

    ReplyDelete
    Replies
    1. up and down selalu ada ya mbaa. semangat

      Delete
  4. Ngeblog = menulis+ mengasah tulisan. Layaknya pisau, semakin diasah semakin tajam dan berguna.

    ReplyDelete
  5. Keep writing and inspiring, mba ❤

    ReplyDelete
  6. Setelah baca ini aku langsung bilang "Ya ampun mak.. Hidupmu kok 'Gue Banget'" hihihi. Sy jg saking semangatnya bikin blog setahun ini judul blognya jd lebay. Masa judulnya proyek evolusi mamah muda. Ini saling kepengennya berubah n berevolusi dg blog kali ya. Skrg udh ke tahap monetize perlahan. Ngeblog emg bikin happy ya. :)

    ReplyDelete
  7. Aku nulis blog lagi karena memaksa diri sendiri sih mbak. Biar bisa menuliskan banyak hal tentang kehidupan kita kan ya.

    ReplyDelete
  8. Kemudian sekarang aku malah jadi blogger full time walaupun masih pemula mbak, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat. dan entah kapan aku bisa jadi full time blogger mba hehhehe

      Delete
  9. Menulislah karena menulis wawasan bertambah dan berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menuliskan sesuatu bukan hanya bermanfaat pada orang lain juga mempunyai manfaat buat diri sendiri

      Delete
  10. Saya juga menganggap kalau blog udah jadi rumah kedua :)

    ReplyDelete
  11. Saya kangen zaman2 ngeblog yang dulu kyk Multiply isinya geje2 dan curhatan2 hehe.
    Tapi ya zaman berubah sekarang pun blog jg bisa menghasilkan pundi2 uang. Apapun pilihannya yg penting ngeblog dan tetep nulis ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin. masih tahap easy and enjoy. semoga bisa mencapai tahap excellent and earn kayak mba april *amin*

      Delete
  12. Hai salam kenal mba, aku juga tipe yg curhatnya di tulisan nih mba 😂 cuma kadang masih suka ngikutin mood yg gak jelas arahnya. Boleh gabung ke komunitas emak2 ngeblognya mba, siapa tau jd byk inspirasi dan motivasi bagi sy 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mba. saya juga moody heheh. komunitasnya bertebaran di facebook, instagram dan twitter. silahkan search aja mba. ada emak-emak blogger dan blogger perempuan.

      Delete
  13. Dulu blog ku isinya curhatan, haha

    Sekarang lagi berusaha monetasi dgn belajar ini itu mengenai blogging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ajarin blogging juga dunk mba hehehe, sekarang masih tahap rajin posting saja.

      Delete
  14. Dulu blog ku isinya curhatan, haha

    Sekarang lagi berusaha monetasi dgn belajar ini itu mengenai blogging.

    ReplyDelete

Terima kasih Sudah Berkunjung, dan mohon tidak meninggalkan link hidup.