Bingung Mencari Gamis Lebaran? 8 Jenis ini Akan Menjadi Solusimu

by - May 09, 2018



            Dunia fashion emang nggak ada matinya, moms. Selalu ada aja yang bikin mata berbinar, takjub dengan serangkaian model gamis-gamis bertebaran di sosmed. Entah di laman facebook, instagram apalagi, belum lagi marketplace yang menyajikan flash sale. Duh kalau tidak benar-benar teguh pendirian, bisa tongpes kita saat idul fitri nanti hehehhe. So bijaklah dalam berbelanja ya moms. Sesuaikan dengan budget yang kita miliki. Kalau pun tidak kuat dengan ‘racun’ yang bertebaran, bisa kok untuk puasa gadget. Bukankah banyak sekali hal yang bisa kita lakukan tanpa gadget yang selalu disamping? Bonding dengan pasangan, bonding dengan anak, apalagi kalau masih serumah dengan keluarga besar, bisa kita nikmati hari-hari kita dengan tenang tanpa ‘kluntang-klunting’ pemberitahuan dari berbagai sosmed yang kita miliki.


            Secara singkat, kemarin saat nonton acaranya KH AA Gym di stasiun TV swasta ada penjelasan beliau yang makjleb banget. “Jangan sampai 10 hari terakhir kita sibuk di mall, di pasar, sedangkan masjid kosong. Kalau bisa, mulai belanja saat ini. penuhi kebutuhan kita selama 30 hari kedepan. Agar kita focus saat Ramadhan tiba. Lebih-lebih saat 10 hari terakhir. Bukankah Alloh melipat gandakan pahala saat turunnya Lailatul Qadar? Bukankah lailatul qadar itu lebih baik dari 1000 bulan? Yuk sama-sama berlomba-lomba dalam mencari kebaikan, berbuah pahala.” Jadi nunggu apalagi, buruan cari perlengkapan lebaran, khususnya gamis untuk keluarga tercinta.

            Dalam pencarian gamis, saya selalu melihat olshop yang kian bertebaran di sosmed saya akhir-akhir ini. model-model gamis yang bisa moms pilih, diantaranya adalah:

Sumber

1.      Gamis syar’i    : 3 tahun kebelakang (CMIIW) gamis syar’i ini mulai menjadi daya tarik bagi muslimah Indonesia khususnya. Muslimah secara sadar mengerti dan mayakini bahwa dengan gamis yang tertutup tak menjadikan muslimah terlihat jadul dan terbelakang. Malah mereka semakin anggun dengan gamis yang membalut badan. Tak lupa kerudung/ hijab yang tak kalah panjang. Dan tahun ini salah satu koleksi saya untuk dijadikan ‘baju lebaran’ ya tipenya gamis ini, lengkap dengan khimarnya yang menjuntai kebawah.

Sumber

2.      Dress               : apa bedanya dress dengan gamis? Cuma beda pada cuttingnya saja. Kalau gamis syar’I bawahnya lebar, sedangkan dress biasa disebut maxi. Dress terlihat lebih casual daripada gamis. Karena cuttingnya yang simple, plus bisa dipadu-padankan dengan kerudung apa saja. Pashmina, segi empat, atau pastan juga OK. Asal padu-padannya tidak asal ‘nabrak’ corak dressnya sendiri. Misalnya kalau dressnya sudah bermotif, maka usahakan untuk kerudungnya pilih yang polos. Begitu pun sebaliknya. Biar nggak kelihatan too much.

Sumber 

3.     
Model outer    : outer ini menjadi gaya berpakaian saya. Cukup punya satu warna daleman netral, setelahnya bisa dipadu-padankan dengan bermacam-macam outer. Bisa model blazer, abaya, cardigan kimono dan masih banyak lagi tipe outer yang bertebaran di sosmed, khususnya instagram. Kalau saya sendiri, punya 3 macam jenis outer. Pertama model blazer dengan corak songket. Suka sekali sama outer ini. udah hampir 4 tahun, dan sampai sekarang masih saya simpan. Kedua, warnanya hitam-putih stripe gitu. Stripenya horizontal. Tau dong maknanya apa? Yes. Agar terlihat kurus dan tinggi hehehhe. Ini tips juga bagi moms yang merasa kurang tinggi dan big size. Pilih motif stripe horizontal, dijamin terlihat lebih kurusan hehehhe. Yang terakhir adalah jaket jeans yang biasa saya gunakan untuk hangout. Meski sekarang bisa dihitung pakai jari hangoutnya hahahahah. Tapi kalau untuk dipakai saat idul fitri, prefer ke outer yang agak panjang ya moms. Biar terlihat sopan, elegan tapi modis.
Sumber

4.     
Abaya              : abaya ini hampir mirip dress kalau cuttingnya. Yaitu lebih ramping daripada gamis. Cuma bedanya hanya kainnya. Umumnya abaya berwarna hitam dan terbuat dari bahan khusunya, seperti jet black, ssupper black atau bahan lain yang sejenis. Biasanya bertabur swaroski dibeberapa bagian agar terlihat mewah. Saya kerap kali melihat orang arab dan keturunanya yang memkai baju abaya ini. tapi tak menutup kemungkinan untuk moms yang ingin memakai abaya di hari nan fitri ini. nggak ada laraangan hehehhe.

Sumber

5.     
Brukat                         : tahun lalu saya kepincut dengan dress adik saya yang terbuat dari kain brukat. Terlihat elegan nan cantik. Tertariklah saya untuk membuat baju serupa. Cukup sekali saya pakainya, setelahnya saya wariskan ke ibu hehehhe. Memang sich terlihat cantik sekali dari luar, tapi saya merasa gatal dan panas. Mungkin bukan kainnya yang menjadi persoalan, tapi penjahitnya yang kurang rapi saat menjahit sehingga ada bagian tertentu yang kurang pas sehingga kain berukat yang ujungnya kasar itu kena kulit. Dan rasanya tidak nyaman sekali. Pelajaran lagi buat saya untuk tak sembarangan pilih penjahit hehehhe. Tapi dibeberapa laman sosmed saya, brukat masih banyak diminati. Pun jenis brukat sendiri beda-beda. Dari yang harganya puluhan ribu sampai ratusan ribu per meternya, ada. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan budget moms dalam berbusana.

Sumber

6.     
Kaftan                         : kaftan ini cocok untuk muslimah bertubuh bak model. Saya punya satu kaftan yang dapat harga diskonan M*t*h*r* waktu itu. tertariklah saya untuk membelinya. Ternyata kurang cocok bagi tubuh saya yang tingginya hanya 156 cm. belum lagi lengannya yang hanya ¾ itu membutuhkan daleman lagi. ribet itulah yang memutuskan saya untuk merombak total kaftan itu. Saya rombak menjadi dress. Sekarang jadi baju favorite untuk kondangan hahahahha.

  baca juga: Bye-bye Jerawat

7.      Tunic               : casual dan santai adalah salah satu ciri dari tunik. Cocok untuk pribadi yang tidak suka glamour. Hanya menggunakan pants warna netral, tunik dan kerudung senada akan cocok bagi muslimah untuk merayakan hari fitri. Bagi moms yang bertubuh mungil, tunik adalah salah satu baju yang pas dipakai agar terlihat lebih tinggi.

8.      Blouse             : blouse juga menjadi salah satu alternative untuk dipakai dihari fitri. Dipadankan dengan rok payung, maka penampilan moms terlihat lebih muda loh meski sudah berbontot hehehhe.

Pkaian adalah salah satu hal yang mencerminkan kepribadian kita. Jadi pilihlah baju yang membuat kita percaya diri dan nyaman saat memakainya. Lagi-lagi, perority is the key. Meski ada sale besar-besaran, kalau udah niat pasti mah sale itu hanya lewat hehehe. So stay calm and gergouse muslimah ya moms. Karena idul fitri itu hanya sekali dalam setahun, so cerminkan bagaimana kepribadian moms dengan pemilihan baju yang pas. Pas dengan kepribadian kita dan pas dikantong heheheh. Udah beli baju lebaran moms? Pilihannya seperti apa? Share di komentar ya.

You May Also Like

14 comments

  1. Wah, baju gamisnya cakep euy, syari'i gitu ya mbak

    ReplyDelete
  2. banyak macemnya mba kalau syari. coba vari #gamissyari pasti buwanyak modelnya. tinggal disesuaikan sama tubih kita.

    ReplyDelete
  3. Gamisnya cakep-cakep bangeeet mba! Aku suka yang model outer ;)

    ReplyDelete
  4. Kalau aku best style mode dress. Apapun trend yang berlaku saat itu. Entahlah apakah tahun ini bisa move on dr dress. Hehe

    ReplyDelete
  5. Saya suka dress soalnya cock di segala suasana dengan model simple aja. Trus hijabnya jg yg sederhana aja, gak lebay yg penting nutup dada :D

    ReplyDelete
  6. Wah keren2 ya modelnya.... Suka banget dej

    ReplyDelete
  7. Saya suka gamis yang pink di atas mbak. Lebih casual dan semi formal.

    ReplyDelete
  8. Brukat selalu mencuri perhatianku Mba :-D

    ReplyDelete
  9. Makin kesini makin banyak orang yang belum hijab tapi suka pakai gamis, hal ini karena gamis itu trend dan gaya pakai gamis

    ReplyDelete
  10. Dari kemarin hunting gamis buat lebaran. Kalau gamis budjet beraoa mbak

    ReplyDelete
  11. Klo Barly Asmara bilang trend gamis lebaran tahun ini adalah yg simple elegan, dan menghindari payet2, mutiara2, dan ornamen berat lainnya :D just sharing

    ReplyDelete
  12. cakep-cakep yaa tapi aku cari yang simple aja karena lebaran itu keliling kampung. Gerah kalau pakai model numpuk gitu.

    ReplyDelete
  13. Gak pernah beli baju...apalagi saat Lebaran.
    Alesannya, karena Ibuku hobi jait.
    Jadi aku dan kedua putriku, selaluuu dapet kiriman baju atau rok hasil jahitan Ibu.

    Kainnya aku yang beli kalau pas suami dinas ke Bali, misalnya...
    Kan jadi punya motif batik dari berbagai daerah di Indonesia.

    ReplyDelete
  14. Pake gamis sekarang bisa jadi lebih kece dan stylish ya. Karena modelnya yang udah variatif dab kreatif banget. Jadi bisa tambah pede dan tampil cantik

    ReplyDelete

Terima kasih Sudah Berkunjung, dan mohon tidak meninggalkan link hidup.