Bye-bye Jerawat

by - May 09, 2018



            Bye-bye Jerawat. Cantik di saat hari fitri adalah keniscayaan. Dan semua perlu diusahakan. Sebenarnya tak hanya pas idul fitri, kewajiban kita salah satunya adalah berbenah diri. Makin bertambah usia kita, pun pengetahuan akan diri sendiri sejatinya harus bertambah juga. Salah satunya adalah dengan mengenal jenis kulit kita. “Menjaga kulit agar terlihat fresh dan enak dipandang juga merupakan investasi loh.” Seorang teman berkata kepadaku. Lambat-laun saya pun mengiyakannya.


            Sepertinya halnya agama yang saya anut. Alloh menyukai keindahan, dan senang akan keindahan. Oleh karenanya wajib bagi kita untuk berbenah. Apalagi untuk wajah kita. Biasanya mendekati hari menstruasi, jerawat bermunculan di sekitar wajah. Wajar, secara hormonal itu adalah bukti bahwa wajah kita sehat. Dengan adanya jerawat, maka racun-racun yang mengendap di dalam pori-pori wajah kita akan diangkat/ dikeluarkan dalam bentuk jerawat. Racun ini bisa berupa polusi, maupun krim-krim racik yang tidak cocok dengan kulit kita.

Pixaby

            Berdasarkan alodokter, ada 4 jenis kulit wajah yang bisa kita ketahui untuk perawatan kulit kita sendiri. Yaitu:

1.      Kulit normal    : beruntunglah wanita yang memiliki jenis kulit ini, karena tak butuh perawatan khusus untuk sehari-hari. Cukup dengan cuci muka dengan sabun yang kadar oil-air nya seimbang. Pun dikulit ini tak banyak pori-pori yang terbuka. Meski sesekali berjerawat, tapi dalam tahap normal dan sehat.

2.      Kulit kering     : wajah dengan jenis kulit ini membutuhkan banyak sekali air. Wajah ini akan terlihat kusam, bersisik, dan kurang memiliki kelembapan di lapisan kulit luar. Wanita yang memiliki jenis kuli ini biasanya hampir tidak memiliki pori-pori besar. Sebaiknya setelah memakai sabun wajah, segera aplikasikan dengan pelembab.

3.      Kulit  sensitive.           : kulit jenis ini sebagian besar dipengaruhi oleh genetic, atau makanan-makanan tertentu. Kulit wajah seperti ini akan mudah gatal-gatal, ruam, kemerahan, kering, sertaa pengelupasan jika berdekatan dengan pemicunya.

4.      Kulit kombinasi           : jenis kulit ini adalah perpaduan antara kulit berminyak dan kering. Berminyak hanya sekitar daerah T, yaitu hidung, dagu dan dahi. Jadi perawatannya pun berbeda-beda pada bagian wajah.

5.      Kulit berminyak          :  jenis kulit ini bisa dipastikan akan mudah sekali berjerawat. Ada beberapa factor yang mempengaruhi tinggi produksi sebum pada kulit berminyak ini diantaranya adalah genetic, perubahan hormone atau pun stress.

Dan saya sendiri mempunyai tipe wajah kombinasi. Bagian hidung saja yang biasanya terdapat minyak. Pun mengenai jerawat, hampir bisa dipastikan tidak pernah muncul. Usut punya usut, dahulu saat-saat masa puber dan timbul jerawat di beberapa titik wajah. Ibu saya menyuruh untuk mengompresnya dengan es batu. Dan kini saya tidak memerlukan banyak perawatan wajah karena udah normal. Sehari-hari hanya menambahkan pelembab jika mau bepergian, dan saat malam saja. Menambah krim malam juga gunanya melembabkan serta memutihkan. Perawatan malam hari sama pentingnya dengan siang hari dan sangat baik untuk wajah. “malam hari adalah saat dimana wajah kita regenerasi, agar sehat dan lembab.” Ucap salah satu dokter kulit.

Emak gaul heheh
Bagi moms yang punya jerawat berlebih bisa diatasi dengan mengompres bagian yang berjerawat dengan es batu. Bungkus es batu dengan kain, lalu sapukan di wajah yang berjerawat. Lama-kelamaan akan mengempes. Dan usahakan untuk mencari perawatan wajah yang alami. Tidak tergiur dengan hasil instant, tapi efeknya sampai bertahun-tahun. Dan yang lebih penting adalah kita tahu jenis wajah kita. Ada tips lain yang moms punya? Share di kolom komentar ya.

You May Also Like

5 comments

  1. Sepertinya saya masuk kategori jenis wajah berminyak. Sebelum menikah malah jerawatan melulu. Kini mending sudah banyak berkurang.

    ReplyDelete
  2. Sampai sekarang saya masih belum yakin apa jenis kulit saya. Sepertinya kombinasi. Btw, baru tau tipsnya dengan mengompres dengan es batu. Makasih tipsnya ya mbak :-)

    ReplyDelete
  3. Mpo palungan cuma bersihan muka doang di saat malam hari

    ReplyDelete
  4. Katanya bisa pakai kompresan teh hijau mba buat antibacterial alias ngempesin jerawat, ada juga yg meng-combine es batu teh hijau :D bisa dicoba nih

    ReplyDelete
  5. Idem dengan di atas. Kayak pernah dengar tentang kompresan teh hijau. Belum pernah coba, sih. Alhamdulillah udah lama nggak jerawatan.

    ReplyDelete

Terima kasih Sudah Berkunjung, dan mohon tidak meninggalkan link hidup.